Pelatihan Akurasi Shooting Cabang Olahraga Petanque pada Atlet Kota Makassar

M. Rachmat Kasmad(1*), Musfira Musfira(2), Mutmainnah Mutmainnah(3), Sufitriyono Sufitriyono(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak Olahraga Permainan petanque merupakan olahraga yang berasal dari Prancis yang baru masuk di Indonesia, meski tergolong olahraga baru di Indonesia, namu olahrga ini sudah mulai diminati oleh masyarakat. Pelatihan ini adalah upaya untuk meningkatkan keterampilan atlit Kota Makassar dalam melakukan shooting.

Dalam permainan petanque tidak semua atlet bisa melakukan shooting karena memerlukan Latihan khusus agar bisa menguasai keterampilan tersebut. Beberapa upaya yang dilakukan agar para atlit mampu menguasai keterampilan shooting salah satunya dengan pelatihan khusus pengembangan keterampilan shooting. Metode yang digunakan adalah cerama dan demonstrasi yang dilakukan selama 2 hari. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi atlit karena mampu meningkatkan kemampuan shooting. Hasil yang di capai adalah Seluruh peserta memiliki pengetahuan yang cukup tentang aturan permainan dan teknik dasar shooting olahraga petanque  yang akan dilakukan. Seluruh peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan bermain petanque yang cukup baik. Seluruh peserta memiliki pemahaman tentang pentingnya aturan permainan dan teknik dasar shooting olahraga petanque yang benar terhadap peningkatan kualitas keterampilan olahraga petanque.

 

Kata Kunci : Shooting, Petanque


Full Text:

PDF

References


Basir Annas. (2011). Olahraga Petanque, Cara Bermain dan Sejarahnya. Diakses dari http://sibukforever.blogspot.com/2011/11/olahraga-petanque-cara-bermain-dan.html, tanggal 15 September 2017.

Bogi Triyadi. (2011). Apa Itu Petanque. Diakses dari http://bola.liputan6.com/read/362674/apa- itu-petanque, tanggal 15 September 2017.

Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia. (2012). Program dan Teknik Dasar Bermain Petanque. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 212 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.