21st Century Skills: Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNM Melalui Workshop Aplikasi Mendeley

Eda Lolo Allo(1*), Gusma Harfiana Abbas(2), Muh Yunus(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Literasi informasi sebagai salah satu 21st century skills sangat diperlukan dalam pengembangan kapasitas mahasiswa. Observasi yang dilakukan pada mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Makassar menunjukkan bahwa literasi informasi mahasiswa masih perlu dikembangkan dan ditingkatkan. Hal ini terlihat pada masih terbatasnya pengetahuan dalam menelusur referensi karya ilmiah yang mendukung untuk memperkaya karya ilmiah yang dibuat. Pembuatan kutipan referensi atau daftar pustaka masih dilakukan secara manual, ketidakkonsistenan model (style) yang digunakan menulis daftar pustaka, dan sitasi ditulis dalam teks tetapi tidak dicantumkan dalam daftar pustaka atau sebaliknya. Kelemahan-kelemahan yang ditemui mahasiswa seperti yang diungkapkan dapat diatasi dengan mengadakan workshop aplikasi Mendeley. Metode yang digunakan adalah ceramah materi workshop, demonstrasi oleh pemateri, praktek menggunakan aplikasi Mendeley, tanya jawab, serta pengisian kuesioner. Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa pelaksanaan workshop secara daring telah memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi peserta dalam menelusur sumber-sumber informasi ilmiah (jurnal dan buku) dan penguasaan aplikasi Mendeley dalam membuat daftar pustaka dan sitasi secara otomatis. Dengan demikian pelaksanaan workshop yang dilakukan dapat meningkatkan literasi informasi mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA UNM.

 

 

Kata kunci: 21st skills, karya ilmiah, literasi informasi, Mendeley


Full Text:

PDF

References


Arizal, Listihana, W. D., & Nofrizal. (2018). Mendeley: Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Doses. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 6(2), 274–281.

Inanna, I., Rahmatullah, R., Ampa, T., & Nurjannah, N. (2020). Pengelolaan Referensi Karya Ilmiah Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Aplikasi Mendeley. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 29–34.

Kosasi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Mendeley desktop Mengelola Referensi Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa. SNPMas: Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat, December 2019, 64–74.

Kusmayadi, E. (2014). Pemanfaatan aplikasi mendeley dalam pengelolaan informasi. Bogor: Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian.

Masyhudi, L., Wahyuningsih, S., & Nuada, I. W. (2019). Peningkatan profesionalitas dosen di Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram melalui pelatihan penelusuran sumber pustaka secara online dan penulisan daftar pustaka menggunakan Mendeley. Media Bina Ilmiah, 13(6), 1237–1242.

Riyanti, R., & Risnani, L. Y. (2019). Literasi informasi dalam konteks 21st century skills pada siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kabupaten Banyumas. Symposium of Biology Education, (30 Agustus 2019), 200–214.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for life in our times. Jossey- Bass.

Wicaksono, A. (2016). Profil Literasi Informasi Pustakawan Indonesia. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(1), 1–9.

Windarto, A. P., Hartama, D., & Wanto, A. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 145–150.

Yusdita, E. E., & Utomo, S. W. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Sebagai Reference Tool Pada Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Unipma. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 3(1), 36–46.


Article Metrics

Abstract view : 144 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.