Pengembangan Kesadaran Sosial-Budaya Masyarakat Urban Melalui Peningkatan Minat Baca Sosiologi bagi Remaja di Maccini Parang Kota Makassar

Ahmadin Ahmadin(1*), Darman Manda(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Artikel ini adalah pengabdian masyarakat dengan maksud memberi dasar-dasar pemahaman untuk meningkatkan minat baca ilmu pengetahuan sosial khususnya sosiologi perkotaan pada kalangan remaja di Maccini Parang Kota Makassar. Generasi muda tidak hanya dituntut memiliki wawasan pengetahuan tentang berbagai disiplin ilmu, tetapi juga penting mengetahui aspek-aspek sosiologis dari kehidupan masyarakat kota tempat dimana mereka tinggal. Kehidupan sosial masyarakat kota yang majemuk dari aspek suku bangsa maupun agama, memerlukan strategi-strategi tertentu untuk mempolakan interaksi sosial dalam berbagai aktivitas. Di sinilah pentingnya pengembangan wawasan sosiologi perkotaan sebagai konsep untuk memahami hakikat hubungan sosial di tengah masyarakat yang plural. Metode yang digunakan dalam strategi proses peningkatan minat baca ini yakni melakukan pelatihan dengan tahapan sebagai berikut: (1) melakukan identifikasi terhadap penyebab kurangnya minat baca kalangan remaja pada referensi sosiologi perkotaan, (2) melakukan kerjasama dengan rumah baca di Kelurahan Maccini Parang, (3) melakukan pelatihan tentang pentignya wawasan sosiologi perkotaan, dan (4) membuat dan menyediakan daftar koleksi bacaan tentang sosiologi kota melalui laman website

 

Kata Kunci: Minat Baca, Sosiologi Perkotaan, Remaja

Full Text:

PDF

References


Ahmadin, A. (2011). Dialektika Ruang dan Proses Produksi Sosial: Studi Sosiologi Pola Pemukiman Etnik di Makassar. Universitas Hasanuddin.

Ahmadin, A., Manda, D., & Rifal, R. (2020). Peningkatan kompetensi pengetahuan sosial-budaya bagi penulis dalam mendukung lahirnya karya sastra berbasis kearifan lokal. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019(10).

Ahmadin, M. (2021). Sociology of Bugis Society: An Introduction. Jurnal Kajian Sosial dan Budaya: Tebar Science, 5(3), 20–28.

Fitri, M. O. (2020). Perancangan Website Rumah Baca Al-Syajarah Sebagai Media Promosi. Teknosains: Media Informasi Sains dan Teknologi, 14(1).

Irfan, M., & Marlini, M. (2018). Pembuatan Indeks Puisi di Rumah Puisi Taufik Ismail Padang Panjang. Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(2), 12–18.

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi perkotaan: memahami masyarakat kota dan problematikanya. Pustaka Setia.

Nurisusilawati, I., Syahrullah, Y., & Romadlon, F. (n.d.). STRATEGI PENGEMBANGAN RUMAH BACA ASMA NADIA SUMBANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPM17) E-ISSN, 2407, 7100.


Article Metrics

Abstract view : 524 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.