Penulisan Cerpen Lingkungan dengan Metode Image Streaming Siswa SMA Negeri 12 Makassar

Juanda Juanda(1*), Azis Azis(2), Nensilianti Nensilianti(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah siswa SMA Negeri 12 Makassar di Kota Makassar. Masalah yang dihadapi mitra adalah ketidakmampuan menulis cerpen lingkungan. Sasaran eksternal adalah mitra mampu  menulis cerpen yang berbasis lingkungan. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping dengan aplikasi zoom meeting dan watshapp. Hasil yang dicapai adalah mitra dapat menulis cerpen lingkungan dengan menggunakan metode image streaming dengan rincian sebagai berikut: (1) mitra mampu memilih tema cerpen yang berbasis lingkungan;   (2) mitra memiliki kemampuan menulis cerpen dengan metode image streaming (3) mitra memiliki kemampuan menulis cerpen dengan kelengkapan  dialog  (4)  mitra memiliki keterampilan mengedit cerpen berdasarkan penggunaan PUEBI.

Kata kunci: cerpen lingkungan, metode image streaming, siswa


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Maurizal. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mine Mapping. Jogjakarta: Mitra Pelajar.

DePorter, Bobbi dan Hernack, Mike. 2013. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa Leraning.

Fauziah, I., Mayong, & Azis. (2020). The Effect of Image Streaming Strategies in Short Story Writing Learning in Class XI High School Students. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(3), 173–178. https://ojs.unm.ac.id/Indonesia/article/view/15202

Garrard, Greg. 2004. Ecocriticism. London and New York: Routledge.

Hapazah. (2019). Kontribusi Media Grafis dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Se-Kabupaten Lombok Tengah. Mabasan, 7(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/mab.v7i1.167

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Rencana Strategis Kementerian pendidikan dan kebudayaan 2020-2024.

Khusni, A. (2017). Keefektifan Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model Sinektik dan Model Kreatif-Produktif pada Peserta Didik SMA Berdasarkan Tipe Pemerolehan Informasi. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 53–58. https://doi.org/10.15294/seloka.v6i1.14985

Sukino . 2009. Menulis itu Mudah. Yogyakarta: Pustaka Populer.

Wenger, Win. 2004. Beyound Teaching and Learning. Memadukan Quantum Teaching dan Learning. (Terjemahan). Bandung: Nuansa

Widyastuti, R. T. (2012). Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Model dari Cerpen ke Cerpen dan Model Bersafari pada Siswa SMA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.15294/seloka.v1i1.118

Wyckoof, Olsen. 2005. A Study of Satisfaction, Loyality and Market Share in Kuwait Bank. Proceedings of the Academy for Studies in International Business, vol 10.pp.2-7


Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.