Pendampingan Penyusunan RPP dan LKPD Model Discovery di Kelurahan Pappa Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar

Sugiarti Sugiarti(1*), Muh. Jasri Djangi(2), Ramdanim Ramdanim(3),

(1) Unuversitas Negeri Makassar
(2) Unuversitas Negeri Makassar
(3) Unuversitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan PKM dilaksanakan di Kelurahan Pappa Kecamatan Pattalassang Kabupaten Takalar dengan tujuan untuk mendampingi guru-guru SMAN 2 Takalar yang masih menemukan kesulitan dalam mensinkronisasi penyusunan perangkat RPP dan LKPD model pembelajaran discovery. Kesulitan yang dialami adalah: 1) keterpaduan struktur antara RPP dan LKPD model pembelajaran discovery, 2) strategi penyusunan stimulus yang sesuai dengan tujuan pembelajaran, 3) prinsip penerapan LKPD bagi peserta didik, 4) pemaknaan enam sintaks model discovery yang efektif, 5) mencermati agar penggunaan waktu tepat. Sasaran kegiatan PKM ini adalah guru-guru SMAN 2 Takalar. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi/tanya jawab, dan praktek pembuatanRPP dan LKPD model pembelajaran discovery. Hasil yang dicapai adalah:1) peserta telah memahami strategi penyusunan RPP dan LKPD yang sinkron sehingga baik guru maupun peserta didik dapat menciptakan pembelajaran yang bersifat “student center” dengan menggunakan waktu yang efektif sesuai kurikulum, 2) memahami makna dan pentingnya setiap sintaks dalam menciptakan pembelajaran yang aktif dan kreatif, 3) Peserta sudah mampu menyusun RPP dan LKPD model pembelajaran discovery learning yang lebih terstruktur berdasarkan fungsi setiap sintaks

Katakunci: Model Pembelajaran Discovery, RPP dan LKPD

Full Text:

PDF

References


al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Astuti, Erni Dwi dkk. 2015. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar dan Minat Materi Koloid SMA Negeri 1 Rasau Jaya. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan. Vol 4, no 12.

Darmadi, H. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Penerbit Deepublish: Yogyakarta.

Hamalik, O. 2009. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Harsanto, Ratno. 2007. Pengelolaan Kelas yang Dinamis. Yogyakarta: Kanisius.

Ilmi, Ahmad Dzul. 2020. Variasi Pembelajaran Online di tengah Pandemi Covid-19. Parepare: Penerbit IAIN Parepare Nusantara Press.

Putrayasa, Made I., H. Syahruddin dan I Gede Margunayasa. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 2, No 1.

Prijowuntato, S. Widanarto. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sari, Milya. 2019. Mengenal Lebih Dekat Model Blended Learning dengan Facebook (MBL-Fb): Model Pembelajaran untuk Generasi Digital. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susana, afria. 2019. Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Bandung: Tata Akbar.

Suyati dan Ani Sutiani. 2018. Upaya meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa melalui Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Termokimia di MAN 2 Model Medan. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Vol 24


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.