PKM Pendekatan Matematika Reali Stik di Sekolah Dasar pada Guru-Guru UPTD SDN 46 Parepare

Yonathan Saba’ Pasinggi(1*), Ritha Tuken(2), Rasmi Jabba(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran matematika realistik dapat diartikan sebagai pembelajaran matematika yang dapat dibayangkan oleh siswa. Karena itu, pembelajaran matematika harus dimulai dengan masalah yang diambil dari dunia nyata supaya siswa dapat membayangkannya. Masalah yang dipilih harus disesuaikan dengan konteks kehidupan siswa. Artinya, masalah yang dipilih harus dikenal baik oleh siswa.

Dengan cara seperti ini siswa dapat berinteraksi dengan sesamanya, bertukar informasi dan pengalaman, serta berlatih mengkomunikasikan hasil kerjanya kepada orang lain. Akhirnya, siswa dibimbing untuk menemukan aturan umum untuk menyelesaikan masalah sejenis. Di sinilah siswa dapat melihat hubungan matematika dengan kehidupan sehari-hari atau dengan pelajaran lain. Inilah yang membuat pembelajaran matematika lebih bermakna. Hal inilah yang mendorong penulis untuk ambil bagian dalam memantapkan pembelajaran matematika realistik kepada guru-guru UPTD SDN 46 Parepare.

Setelah guru memahami cara-cara melakukan identifikasi masalah, menganalisis masalah dan menilai kelayakan serta merumuskan pembelajaran sebagaimana dibahas pada identifikasi masalah sebelumnya, maka diharapkan guru telah memiliki dasar pemahaman dan keterampilan yang lebih kokoh untuk menelaah secara mendalam materi yang disajikan pada bagian identifikasi masalah ini. Dalam penyuluhan  ini akan diuraikan  beberapa pendekatan pembelajaran realistik yang akan mempermudah proses pembelajaran dan bagaimana guru melibatkan siswa dalam proses belajar mengajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran realistik  yang ditentukan.

Metode yang digunakan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: Metode ceramah bervariasi, digunakan untuk menyampaikan materi tentang Pendekatan matematika realistik.Selain itu  pemberian tugas digunakan untuk melatih membuat rancangan selama proses penyampaian materi dengan melihat siswa dalam proses pemelajaran.  

 

Kata kunci :  Pembelajaran Matematika Realistik, Guru Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Dolk, Maarten. 2006. Realistic Mathematics Education. Makalah kuliah umum di Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya, Palembang, tanggal 29 Juli 2006.

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik. Banjarmasin: Penerbit Tulip.

Van den Heuvel-Panhuisen, Marja. 1996. Assessment and Realistic Mathematics Education. Utrecht: CD-Press.

Steinvoorte, Sytze. 2006. ”Terampil berhitung: Manakah yang lebih besar antara ¾ dan 23? ” Majalah PMRI EdisiVIIII April 2006, halaman 9 – 10

.

Suryanto. 2007. ”Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)”. Majalah PMRI Vol. V No. 1 Januari 2007, halaman 8 – 10.

Triyana, Jaka. 2004. ”Peran alat peraga dalam PMRI”. Buletin PMRI Edisi V Oktober 2004, halaman 3.

Zulkardi. 2002. Developing a Learning Environment on Realistic Mathamatics Education for Indonesian Student Teachers. Ph.D Thesis University of Twente, Enschede, the Netherlands.


Article Metrics

Abstract view : 116 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.