PKM Edukasi Bisnis: Manajemen Usaha pada Usaha Gerabah

Anwar Anwar(1*), Inanna Inanna(2), Nurjannah Nurjannah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini adalah pemilik usaha mikro kecil gerabah. Pengetahuan tentang manajemen usaha masih sangat terbatas pada pemilik usaha gerabah. Adapun tujuan dari pengabdian ini adalah memotivasi pemilik usaha gerabah dalam memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk bisa melakukan manajemen usaha yang benar sebagai pendukung dalam pengembangan usahanya. Metode pelaksanaan mengggunakan kombinasi ceramah dan praktek. Peserta terdiri atas pemilik usaha gerabah di Kelurahan Pallantikan Kecamatan Pattallassang Kabupaten Takalar. Teknik pelaksanaan kegiatan terdiri atas tiga tahap dimulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi kegiatan. Hasil yang dicapai dari pengabdian ini adalah (1) pemilik usaha sudah memahami analisis kelayakan usaha dengan titik pulang pokok dan potensi pasar, (2) pemilik usaha sudah memiliki pengetahuan dalam menentukan optimalisasi laba, (3) pemilik usaha sudah mampu menganalisis kinerja keuangan. Keterbatasan dalam pelatihan ini adalah metode pelaksanaan belum menggunakan teknik pendampingan, sehingga pengetahuan manajemen strategi belum dapat diimplementasikan dalam aktivitas usaha.

Kata Kunci: Manajemen Usaha, Usaha Gerabah

Full Text:

PDF

References


Bismala, L dan Handayani, S. 2014. Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. Prosiding Seminar Nasional PB31 ITM.

Bismala, L. 2016. Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Enterpreneurship, (5) 1.

Lantu, D. C., Triady, M. S., Utami, A. F dan Ghazali, A. 2016. Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model. Jurnal Manajemen Teknologi, (15) 1, hal. 77-93.

Tahwin, Muhammad., Maslichan., dan Suryandani, Wulan. Model Manajemen Usaha Dalam Upaya Peningkatan Daya Saing Industri Batik Tulis Lasem Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol. 14 No. 2. hal. 214-225.

Sari, N., dan Setyawan, A. B. 2012. Persepsi Pemilik Dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Atas Penggunaan Informasi Akuntansi. Universitas Gunadarma.

Tambunan, Tulus. 2012. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Di Indonesia: Isu-Isu Penting. LP3ES. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 215 times | PDF view : 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.