PKM Pelatihan Literasi Kelong-kelong Makassar pada Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah di Kabupaten Gowa

Kembong Daeng(1*), Bakhrani A Rauf(2), Aswati Asri(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah Kabupaten Gowa. Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah di Kabupaten Gowa mengalami berbagai permasalahan. Salah satu masalah yang dihadapi dan perlu pemecahan yaitu pada umumnya siswa kurang tertarik belajar bahasa daerah (bahasa Makassar) terutama literasi kelong-kelong Makassar karena guru kurang kreatif menerapkan berbagai model pembelajaran yang inovatif dalam literasi kelong. Program PKM ini bertujuan memberikan pelatihan literasi kelong-kelong Makassar pada Kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Daerah di  Kabupaten Gowa. Dengan demikian, guru mampu dan terampil mengajarkan dan membimbing siswa dalam literari kelong. Pada akhirnya tujuan pembelajaran yang direncanakan  dapat dicapai karena siswa semakin termotivasi belajar bahasa Makassar. Hasil yang dicapai pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM)melalui kegiatan pelatihan literasi kelong-kelong Makassar, di antaranya (1) Kelompok Kerja MGMP BD di Kabupaten Gowa lebih kreatif dalam mengajarkan bahasa Makassar; (2) Peserta pelatihan semakin inovatif dalam menerapkan metode dan teknik literasi kelong-kelong Makassar; dan (3) Peserta PKM ini dapat menjadi narasumber   kepada temannya dan pembimbing siswa dalam dalam literasi kelong-kelong Makassar agar menjadi nilai jual yang tinggi.

 

Kata kunci: pelatihan, literasi, kelong-kelong


Full Text:

PDF

References


Daeng, Kembong. 2013. “Pemberdayaan Ungkapan Bahasa Daerah (Makassar) dalam Pembentukan Karakter Bangsa” Makalah. Disampaikan pada Kongres Bahasa Indonesia X di Jakarta.

Daeng, Kembong. 2014. “Pembelajaran Apresiasi Kelong yang Bermakna, Menyenangkan, dan Berkarakter” dalam Prosiding FBS UNM. Makassar.

Daeng, Kembong. 2018. “Kumpulan Puisi Makassar”. Makassar.

Daeng, Kembong. 2021. “Kelong Pannyaleori”. Makassar:PN Pustaka Almaida.

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat Kurikulum, Jakarta.

________. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BSNP, Jakarta.

Moody, H.L.B. 1971. The Teaching of Literature. London : Longman.

Mulyono, M.Anton (Ed) 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia : Balai Pustaka, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 133 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.