Implementasi Penyusunan Soal-Soal Higher Order Thinking Skills bagi Guru-Guru IPA

Muhiddin Palennari(1*), Hartono Hartono(2), Saparuddin Saparuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pada era pengetahuan abad XXI diperlukan sumber daya manusia memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills (HOTS sehingga diperlukan proses penilaian menggunakan soal-soal HOTS. Pada umumnya guru SMP di Kabupaten Gowa telah mengenal berbagai jenis dan bentuk soal-soal akan tetapi alat ukur berupa soal-soal HOTS belum maksimal. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu dilakukan pelatihan perakitan soal-soal HOTS. Secara umum permasalahan yang dihadapi oleh guru IPA Kabupaten Gowa adalah guru belum maksimal mengembangkan soal-soal HOTS. Penyelesaian permasalahan yang dialami oleh mitra dilakukan melalui dua pendekatan yakni pertama pendekatan klasikal dalam bentuk pemberian teori dan pelatihan kepada para guru sedangkan pendekatan individual dalam bentuk terbimbing. Metode yang digunakan adalah, metode ceramah, tanya jawab/diskusi, metode demonstrasi. Hasil kegiatan menyimpulkan bahwa (1) peserta pelatihan memiliki pengetahuan dan keterampilan mengidentifikasi stimulus yang dapat dimasukkan pada soal-soal  dan (2) peserta pelatihan memiliki kompetensi dalam menyusun soal-soal HOTS. Dari hasil kegiatan ini, disarankan (1) untuk  menjamin keberlanjutan program maka dilakukan melalui  pendampingan secara berkala, (2) diharapkan menjadi bahan penilaian kinerja bagi guru dalam penyusunan soal-soal penilaian tengah atau akhir semester, dan (3) diharapkan kepada guru-guru yang tergabung dalam MGMP dapat menerapkan hasil penyusunan soal-soal HOTS yang dibuat dalam penilaian pembelajaran. 

Kata-kata kunci: soal-soal penilaian, keterampilan berpikir, keterampilan berpikir tingkat tinggi

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. 2001. A Taxonomy for Learning Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman.

Brookhart, S. M. 2010. How to assess higher order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.

Cahyaningtyas, A. P., Sari, Y., Yustiana, S., & Jupriyanto, J. (2020). Pelatihan Penyusunan Soal-Soal Berbasis HOTS dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 162-171.

Corebima, A. D. 2016. Pembelajaran Biologi di Indonesia Bukan untuk Hidup. Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi FKIP UNS. Proceeding Biology Education

Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemendikbut. 2019. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thingking Skill. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Krulik, S. & Rudnick, J. A. 1995. The new sourcebook for teacing reasoning and problem solving in elementary school. Boston: Allyn and Bacon.

Pratiwi, U. & Eka, F. F. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Kurikulum 2013 Terhadap Sikap Disiplin. Jurnal Penelitian dan pembelajaran IPA, 1(1), 123-142.

Trilling, B. & Hood, P. 1999. Learning, technology, and education reform in the knowledge age or "we're wired, webbed, and windowed, now what?". Educational Technology, 39(3), 5-18.

Sari, Y., Cahyaningtyas, A. P., Maharani, M. M., Yustiana, S., & Kusumadewi, R. F. (2019). Meningkatkan kemampuan menyusun soal IPA berorientasi HOTS bagi guru Sekolah Dasar Gugus Pandanaran Dabin IV UPTD Semarang Tengah. Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 175-183.

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Workshop Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Bagi Guru-Guru Mgmp Ips Kabupaten Malang Pelatihan Penyusunan. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (Jpds), 73-79.


Article Metrics

Abstract view : 269 times | PDF view : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.