PKM Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Peluang Kewirausahaan pada Remaja di Kelurahan Paccinongang Kabupaten Gowa

Nurharsya Khaer Hanafie(1*), Ridwan Said(2), Ahmad Ahmad(3), Dalilul Falihin(4), Riri Amandaria(5),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat telah menyebabkan perubahan kegiatan kehidupan manusia dalam berbagai bidang yang mana menyebabkan gaya hidup masyarakat menjadi lebih konsumtif dan serba cepat pula. Perubahan gaya hidup yang lebih konsumtif dapat dilihat dari kecenderungan masyarakat dalam beraktivitas di dunia maya seperti berbelanja secara online. Teknologi yang semakin canggih  mengakibatkan adanya perubahan pola pikir masyarakat yang cenderung tradisonalistik menjadi serba modern. Pemanfaatan internet di era ini mampu membawa dampak positif maupun negatif. Internet mampu menyediakan informasi apa saja dan membuat setiap orang dimanapun bisa berkomunikasi sehingga dapat dimanfaatkan menjadi peluang usaha yang tidak terbatas akses wilayah dan cakupan orang yang dapat mengaksesnya. Luaran dari PKM ini adalah memberikan pemahaman kepada remaja  tentang nilai positif dari keberadaan jaringan internet; memberikan pelatihan kepada remaja agar mampu memanfaatkan media sosial sebagai peluang usaha baru, dan memberikan solusi yang tepat untuk penambahan pendapatan atau penghasilan bagi remaja untuk membantu perekonomian keluarga pelaksanaan UU ITE. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu di Kelurahan Paccinongang khususnya di wilayah RW 1 dan 2 dengan beberapa tahap. Tahap pertama diawali dengan melaksanakan sosialisasi dan workshop. Pada tahapan ini, mitra diberikan pengetahuan dan keterampilan tertentu. Kemudian tahapan kedua adalah refleksi atas masalah-masalah, kasus-kasus yang dialami warga yang berkaitan dengan pemanfaatan media sosial tersebut. Tahap ketiga dan kempat secara bersama-sama dengan mitra menganalisa dan menyimpulkan permasalahan sebelumnya. Terakhir tahap ke lima menimbulkan kesadaran baru dan kemampuan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Kata Kunci: Teknologi, Gaya Hidup, Tradisionalistik dan Internet

 


Full Text:

PDF

References


A.B. Susanto. 2009. “Leadpreneurship”, Jakarta : Esensi, divisi Penerbit Erlangga,

Alma, Buchari. 2010. “Kewirausahaan untuk mahasiswa dan umum”. Bandung :Alfabeta

APJII, 2018. Laporan Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia

Qwords, 2018. Tutorial Facebook Ads Untuk Pemula

Wardiana, W. 2006. Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia, (http://www.depkominfo.go.id/


Article Metrics

Abstract view : 166 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.