PKM Pelatihan Menulis Puisi Berbasis Lingkungan dan Media Fotografi pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa

Aswati Asri(1*), Faisal Faisal(2), Hajrah Hajrah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Berbagai masalah dijumpai di kalangan Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa terkait pembelajaran menulis puisi. Salah satu masalah yang akan dipecahkan yaitu umumnya siswa belum mampu menulis puisi Indonesia dengan baik sehingga proses belajar mengajar menjadi kurang optimal. Guru cenderung kurang kreatif dalam memilih dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran menulis puisi. Program PKM ini bertujuan memberikan pelatihan menulis puisi pada Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Dengan demikian, guru mampu dan terampil menulis puisi. Sehingga guru semakin kreatif mengajarkan materi menulis puisi pada kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga siswa lebih termotivasi mengikuti proses belajar-mengajar Bahasa Indonesia. Secara umum, metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pelatihan menulis puisi berbasis lingkungan dan media fotografi. Kegiatan pelatihan diawali dengan pemberian materi teknik menulis puisi berbasis lingkungan dan media fotografi. Kemudian, dilanjutkan dengan praktik menulis puisi berbasis lingkungan dan media fotografi. Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa diarahkan menulis puisi berdasarkan foto yang menggambarkan lingkungan di Malino. Hasil yang dicapai dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat melalui kegiatan pelatihan Menulis Puisi  Berbasis Lingkungan dan Media Fotografi, di antaranya (1) Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kecamatan mampu menulis puisi Indonesia dengan baik serta (2) Peserta pelatihan semakin kreatif dalam menerapkan beberapa teknik menulis puisi

 

Kata kunci: Pelatihan, Menulis Puisi, Berbasis Lingkungan, Media Fotografi


Full Text:

PDF

References


Atmowiloto, Arswendo. 2001. Mengarang Itu Gampang. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Aunurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Endraswara, Suwardi. 2005. Metode dan Teori Pengajaran Sastra: Berwawasan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Buana Pustaka. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Indriana, Dina. 2012. Mengenal Ragam Gaya Pembelajaran Efektif. Yogyakarta: DIVA Press.

Nababan, Sri Utari Subyakto. 1993. Metodologi Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nadeak, Wilson. 1983. Bagaimana Menjadi Penulis yang Sukses. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 1990. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Sumaatmadja, Nursid. 2002. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Alumni.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 155 times | PDF view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.