Pelatihan Aplikasi Canva Sebagai Strategi Untuk Meningkatkan Technological Knowledge Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa

Arifah Novia Arifin(1*), Ismail Ismail(2), Firdaus Daud(3), Asmawati Azis(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan dalam revolusi industri 4.0 membuat perubahan dalam gaya belajar dalam kegiatan pembelajaran. Guru dituntut untuk mengikuti proses pembelajaran digital yang interaktif dan mampu meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.  Kegiatan pelatihan aplikasi Canva bagi guru-guru sekolah menengah, dilaksanakan untuk mengoptimalkan kemampuan techonological knowledge yang berimplikasi pada peningkatan kemampuan TPACK dalam memanfaatkan aplikasi-aplikasi pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini ditujukan kepada guru-guru sekolah menengah yang ada di Kabupaten Gowa. Hasil wawancara dengan beberapa guru di Kabupaten Gowa diperoleh hasil bahwa pemanfaatan Canva dalam pembuatan media pembelajaran belum dilakukan secara optimal, dan pemanfaatan aplikasi Canva sebagai sarana edukasi atau perangkat pembelajaran pun masih jarang dilakukan. Hasil yang dicapai setelah kegiatan pelatihan ini adalah 1) peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan Canva untuk mendesain perangkat dan media pembelajaran, 2) hasil menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan pengabdian masyarakat ini memiliki skor rata-rata 4,94 (kriteria baik). Berdasarkan hasil dari program kemitraan masyarakat ini, diharapkan hasil tersebut dapat menjadi masukan yang baik bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa khususnya, praktisi pendidikan dan pemerintah pada umumnya. Kemampuan guru terkait penerapan teknologi dan berbagai aplikasi pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran masih ditingkatkan.

 

Kata kunci: pelatihan, canva, perangkat pembelajaran, media pembelajaran, TPACK

Full Text:

PDF

References


Bakri, N. F., Simaremare, E. S., Lingga, I. S., & Susilowaty, R. A. (2021). Pelatihan Pembuatan Materi Presentasi Dan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Kepada Guru di Kota Medan Dan Jayapura Secara Online. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(1), 1-10. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/18777/7086

Canva. 2021. Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/

Indonesia, A. P. 2015. APJII. Retrieved Desember 15, 2018, from https://apjii.or.id/content/read/39/27/PROFIL-PENGGUNA-INTERNET-INDONESIA-2014

Lee, S. S., Hung, D., & Teh, L. W. (2014). Toward 21st Century Learning : An Analysis of Top Performing Asian Education System's Reforms. Asia-Pasific Edu Res, 23(4), 779-781. Retrieved from http://doi.org/10.1007/s40299-014-0218-x

Pelangi, Garris. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354

Tiawan, Musawarman, Luthfiyah Sakinah, Nopi Rahmawati. Dan Hamzah Salman. 2020. Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK Di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/417

Yana, Dewi dan Adam. 2019. Efektivitas Penggunaan Platform Lms Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms/article/view/1816

Yanez, C., Okada, A., dan Palau, R. 2015. New learning scenarios for the 21 st century related to Education, Culture, and Technology. Universities and Knowledge Society Journal, 12(2), 87-102.


Article Metrics

Abstract view : 1740 times | PDF view : 540 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.