PKM Pelatihan Strategi Pembelajaran Daring Bagi Guru SD Inpres 12/79 Biru II Watampone

Muhammad Idris Jafar(1*), Adnan K(2), Muhammad Amin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Guru SD Inpres 12/79 Biru II Watampone. Masalahnya adalah: (1) masih merasa kesulitan dalam memilih dan menentukan strategi pembelajaran daring yang efektif; (2) sebagian besar tugas peserta didik yang diberikan oleh guru dikerjakan oleh orang tua/wali; dan (3) masih merasa kesulitan untuk menilai karakter atau perilaku peserta didik selama pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah: ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pendamping mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) meningkatnya pengetahuan mitra dalam memilih dan menentukan serta keterampilan merancang strategi pembelajaran daring, (2) secara bertahap, peserta didik belajar mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara mandiri dan bertanggung jawab; dan 3) meningkatnya keterampilan guru untuk menilai perilaku peserta didik selama pembelajaran daring.

 

Kata kunci: strategi pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10(3):282–89. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Burdina, Gulnara M., Irina E. Krapotkina, and Liliya G. Nasyrova. 2019. “Distance Learning in Elementary School Classrooms: An Emerging Framework for Contemporary Practice.” International Journal of Instruction 12(1):1–16. doi: 10.29333/iji.2019.1211a.

Chaeruman, Uwes Anis. 2019. “Merancang Model Blended Learning Designing Blended Learning Model.” Jurnal Teknodik 053–063. doi: 10.32550/teknodik.v17i4.577.

Handayani, Tri, Hariyani Nur Khasanah, and Rolisda Yoshinta. 2020. “Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19.” ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 1(1):107. doi: 10.31002/abdipraja.v1i1.3209.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020a. “Surat Edaran Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.” Retrieved March 30, 2021 (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020b. “Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.” Retrieved March 30, 2021 (https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:RGIVSrUZudkJ:https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/a3ffe68f4737404+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2020c. Survei Belajar Dari Rumah Tahun Ajaran 2020/2021. Indonesia.

Putria, Hilna, Luthfi Hamdani Maula, and Din Azwar Uswatun. 2020. “Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4(4):861–70. doi: 10.31004/basicedu.v4i4.460.

Sari, Ria Puspita, Nabila Bunnanditya Tusyantari, and Meidawati Suswandari. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19.” Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 2(1):9–15. doi: 10.37478/jpm.v2i1.732.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 120 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.