Manajemen Jurnal Berbasis Ojs 3 Dalam Lingkup Universitas Negeri Makassar

Muhammad Agung(1*), Hasrul Bakri(2), Fiskia Rera Baharuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Malang
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan dari pelatihan ini ialah untuk memperbaharui versi OJS Universitas Negeri Makassar ke versi 3 dan meningkatkan pemahaman manajemen jurnal terkait cara manajemen jurnal khususnya indeksasi nasional dan internasional, serta meningkatkan kemampuan (skill) pengelola jurnal terkait cara mengelola jurnal khususnya seperti indeksasi nasional dan internasional dengan menggunakan versi OJS 3. Berdasarkan antusiasme para peserta dalam mengikuti pelatihan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan manajemen jurnal ilmiah di versi OJS 3 yang dilakukan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas manajemen jurnal ilmiah dalam lingkup Universitas Negeri Makassar. Hal tersebut tentunya akan berdampak positif secara langsung pada peningkatan akreditasi jurnal ilmiah tersebut. Selain itu, berdasarkan respon peserta selama proses pelatihan mengungkapkan bahwa manajemen jurnal pada OJS 3 dinilai lebih baik dikarenakan display dan fitur yang disediakan oleh OJS Versi terbaru lebih lengkap sehingga dapat disimpulkan bahwa OJS Universitas Negeri Makassar yang telah di update oleh tim peneliti dinilai berhasil karena dapat memberikan kemudahan mitra dalam memanajemen jurnal.

 

Kata kunci: Manajemen, jurnal, OJS 3


Full Text:

PDF

References


Hamawati dkk, 2020. “PKM Pelatihan Pengelolaan Jurnal dalam Lingkup Universitas Negeri Makassar”. Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat Vol.1 No.1

Sudiar, N., & Latiar, H. (2020). Indeksasi Jurnal di Lingkungan Universitas Lancang Kuning. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 6(1), 37-46.

Suryaningsum, S. (2020). Strategi Universitas Meraih Nilai Tinggi Untuk Jurnal Terakreditasi Dalam Sinta. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 4(1), 73-79.

Rais, Nurlaila Suci Rahayu dkk., 2018 “Instalasi Open Journal System (OJS) Versi 3 Sebagai Pendukung Kegiatan Pengelolaan dan Publikasi Jurnal Ilmiah” Technomedia Journal (TMJ) Vol.2 No.2.

Nashihuddin, W. (2020). Mediatisasi Kebijakan Penerbitan E-Journal dengan Open Journal System di Indonesia. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), 1-18.

Wijaya, N. H. (2017). Pengembangan E-Journal Hasil Penelitian Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Respati Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi Respati, 9(26).

Yunus, Shiddiq dkk., 2018 “Pkm Perguruan Tinggi Di Dalam Pembuatan Dan Manajemen open journal System (Ojs)”. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian (SNP2M) 2018 (pp.197-199).


Article Metrics

Abstract view : 346 times | PDF view : 170 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.