Respon Guru Terhadap Workshop Evaluasi Pembelajaran Online Berbasis Quizizz

Salma Samputri(1*), Nurhayani H. Muhiddin(2), Rifda Nur Hikmahwati Arif(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Evaluasi pembelajaran Quizizz merupakan evaluasi pembelajaran berbasis online. Quizizz berguna untuk mempermudah evaluasi pembelajaran jarak jauh atau disebut juga evaluasi pembelajaran daring. Pengabdian ini dilatarbelakangi dengan memberikan pelatihan terhadap guru-guru dalam penggunaan evaluasi pembelajaran berbasis online yaitu Quizizz. Pelaksanaan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru-guru terhadap evaluasi pembelajaran online berbasis Quizizz. Pengabdian dilakukan di Pesantren Putri Yatama Mandiri di kabupaten Gowa provinsi Sulawesi Selatan dengan guru berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan adalah sosialisasi yang meliputi pembelajaran tentang Quizizz, pelatihan, pendampingan dalam pembuatan evaluasi pembelajaran berbasis Quizizz, dan evaluasi. Keberhasilan dalam kegiatan pengabdian ini ditandai dengan peningkatan pemahaman dan penggunaan aplikasi Quizizz sebelum mengikuti workshop adalah masing-masing sebesar 74% dan 76%, sesudah mengikuti workshop adalah sebesar 88% dan 92%, kejelasan, ketertarikan, dan kepuasan sesudah  mengikuti workshop adalah sebesar 92%, 82% dan 78%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan pemahaman dan penggunaan antara sebelum dan sesudah mengikuti workshop evaluasi pembelajaran online berbasis Quizizz yaitu masing-masing sebesar 14% dan  16%. Selanjutnya respon pemahaman, penggunaan, kejelasan guru terhadap aplikasi Quizizz berada pada kategori sangat baik, sedangkan respon ketertarikan dan kepuasan guru terhadap aplikasi Quizizz berada pada kategori baik. Pengabdian ini menujukkan bahwa guru-guru di Pesantren Putri Yatama Mandiri mampu melakukan praktikum penggunaan aplikasi Quizizz dengan membuat kuis pada Quizizz dalam berbagai bentuk soal seperti dalam bentuk soal pilihan ganda atau isian.

 

 

Kata Kunci: Quizizz, workshop, evaluasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. 2016. Revitalisasi Penilaian Pembelajaran dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama.

Amany, Azzah. 2020. Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Daring Matematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Vol. 2 No. 2.

Handayani, Lina. 2020. Keuntungan, Kendala dan Solusim dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Eksploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), Vol. 1 No. 2.

Livingstone, S. 2012. Critical reflections on the benefits of ICT in education. Oxford Review of Education, Vol. 38 No. 1.

Mubarok, M, M., 2018. Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol. 4 No. 3.

Nikolopoulou, K. & Gialamas, V. 2016. Barriers to ICT use in high schools: Greek teachers’ perceptions”. Journal of Computers in Education, Vol. 3 No. 1.

Nugroho, D. Y., Komilie, S., & Peggy, S. T. 2019. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan: Penggunaan Fitur Gamifikasi Daring di YPK Penabur Bandarlampung. Prosiding PKM-CSR, Vol. 2.

Suripto,. Fatmasari, R. Purwantiningsih, A. 2010. Penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi dan Dampaknya Dalam Dunia Pendidikan. Makalah Seminar: Citizen Journalism dan Keterbukaan Informasi Publik untuk Semua, p. 1-11.

Salsabila, U. H., Iefoene, S. H., Isti, L. A., et al. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, Vol. 4 No.2

Zabir, A. 2010. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Eprints.unm.ac.id.

Zhao, F., 2019. Using Quizizz to Integrate Fun Multiplayer Activity in the Accounting Classroom. International Journal of Higher Education. Vol. 8 No. 1.


Article Metrics

Abstract view : 204 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.