Pembentukan Karakter Kearifan Lokal melalui Storytelling di Paud Danica Kids School Makassar

Juanda Juanda(1*), Adytha Yudistira(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Muslim Indonesia
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pengabdian ini bertujuan memberikan keterampilan  Guru PAUD mendesain pembelajaran untuk membentuk karakter anak berbasis kearifan lokal melalui storytelling. Keunggulan dalam pelatihan ini dibandingkan dengan pelatihan yang lain adalah penggunaan bilingual di Sekolah Taman Kanak-Kanak dalam penyajian materi dan demontrasi. Metode yang digunakan adalah pelatihan mendesain materi pembelajaran dan workshop pendampingan pelaksanaan storytelling berbasis pembentukan karakter kearifan lokal. Kegiatan yang dilakukan berupa Tutorial, Workshop, Simulasi, Implementasi, dan Pendampingan. PKM ini bermitra dengan Guru–Guru di sekolah Danica Kids chool di Makassar. Hasil yang  dicapai adalah guru terampil mendesain perangkat pembelajaran anak berbasis sastra anak  dengan nilai-nilai kearifan lokal dan mitra memiliki  keterampilan stoytelling.

 

Kata kunci: Stoytelling; Usia Dini; Karakter; Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Abrar, M. (2016). Learning from fabels: moral values in three selected English stories. Jurnal Dinamika Ilmu, 16 (1), 47- 58 .

Allen, M., & Mcneil, K. (2011). Cool New Asia, Asian Popular Culture in a Local Context. Unitec Institute of Tecnology.

Brata, Ida Bagus. (2016). Kearifan BudayaLokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati. Diakses Pada Hari Minggu 20 Juli 2019. Pukul 00.00 WIB, 05(01), 9–16. https://doi.org/10.1007/s11104-008-9614-4

Fadillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoritik & Praktik. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225

Freire, P. (2000). Pedagogy of Freedom Etics.Democracy. and Civic Courage. Rowman & Litflefield Publisher.

Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta.

Jist (ed.). 2006. Young Person’s Character Education Handbook. Indiana Polis: JIST Publishing.

Juanda, J. (2016). Pendidikan Lingkungan Peserta Didik Melalui Sastra Anak Berbasis Lokal. Conference: Konferensi Internasional Kesusastraan XXV, UNY Yogyakarta.

Juanda, J. (2018). Eksplorasi Nilai Fabel Sebagai Sarana Alternatif Edukasi Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 18(2), 294-303.

Nucci, Larry and Deborah W. Powers . 2014. Sosial Cognitive Domain Theory And Moral Education in Handbook of Moral and Character, Larry Nucci, Darcia Narvaez,and Tobias Krettenauer (Ed.). London: Routdledge Taylor and Prancis Group.

Permana, R. C. E., Nasution, I. P., & Gunawijaya, J. (2011). Kearifan Lokal Tentang Mitigasi Bencana Pada Masyarakat Baduy. Makara Human Behavior Studies in Asia, 15(1), 67. https://doi.org/10.7454/mssh.v15i1.954

Raatma, Lucia. 2013. Caring. Michigan:

Cherry Lake Publishing.

Rich, Dorothy. 2008. Megaskill, Building Out Children’s Character and Achievement for School and Life. Illinois: Sourcebooks INC

Schuler, B. (2014). Environmental and Climate Change in South and Southeast Asia, How are Local Culture Coping. Boston: BRILL. https://doi.org/10.1163/9789004270435

Suantoko. (2016). Fungsi sastra lisan

‘Tanduk” masyarakat Genaharjo. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(2), 246-256,

doi: http://dx.doi.org/10.17509/bsjpbs p.v16i2.4486.

Sweeney, Kathryn A. 2016. Cultural Naming Practices In Children's Literature With Adoption Themes In Journal Children's Geographies .USA: Routdledge Taylor and Prancis Group. P. 1-17 DOI: 10.1080/14733285.2015.1121538

Windows, Natasha Sajé and Doors. 2014. A Poet Reads Literary Theory. USA, Ann Arbor:The University of Michigan Press


Article Metrics

Abstract view : 171 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.