Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Petani dalam Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Tongkol Jagung di Kelurahan Canrego Kec. Polsel Kabupaten Takalar

Muhammad Syahrir(1*), Muharram Muharram(2), Sulfikar Sulfikar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Masyarakat petani jagung  Kel.Canrego Kec Polsel Kabupaten Takalar adalah telah memiliki pengetahuan dan  keterampilan mengolah limbah tongkol jagung yang cukup berlimpah di daerahnya menjadi bahan organik cair berupa pupuk organik/kompos, dimana hal ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Pengelolaan yang baik dari limbah tongkol jagung  dapat berpotensi  mengangkat perekonomian masyarakat petani jagung di wilayah tersebut. Metode pendekatan yang dilakukan dalam  kegiatan ini adalah  memberikan pelatihan dalam bentuk ceramah dan demonstrasi langsung serta penerapannya di lokasi mitra, mengenai teknik pengolahan limbah tongkol jagung menjadi pupuk organik/kompos. Produksi  pupuk organik / kompos dapat dilakukan oleh masyarakat petani jagung di lokasi tersebut setelah mereka terampil dalam  pelaksanaan pelatihan serta dapat mengembangkan lebih jauh. Antusias dari peserta pelatihan sangat tinggi hal ini diindikasikan banyaknya peserta yang hadir dan banyaknya para kelompok petani yang bertanya terutama dalam penggunaan peralatan dan bahan yang dipakai. PKM ini adalah  merupakan kegiatan dengan mengharapkan  para petani dapat menjadi terampil dalam  pembuatan pupuk organik / kompos dari limbah tongkol jagung  yang berasal dari lingkungan sekitar untuk kebutuhan masyarakat bahkan hasil yang diperoleh dapat pula dipasarkan baik pada wilayah tersebut maupun ke wilayah lainnya.

Kata Kunci: Limbah tongkol jagung, Pelatihan, Pupuk Organik

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2021. Pemanfaatan Tongkol Jagung Menjadi Pupuk. https: // paktanidigital.com/artikel / pemanfaatan-tongkol-jagung-menjadi-pupuk/#. YFxFpdwRXIU

(JIPERTA). http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jiperta

Bunyamin, Z., R. Efendi, N. N. Andayani, and T. Serealia. 2013. Pemanfaatan Limbah Jagung Untuk Industri Pakan Ternak. Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian.

Faesal and Syuryawati. 2018. Efektivitas Kompos Limbah Jagung Menggunakan Dekomposer Bakteri dan Cendawan pada Tanaman Jagung. Pangan 27(2): 117-128.

Fakultas Pertanian, Universitas Medan Area, Indonesia. Jurnal Ilmiah Pertanian

Gepin Sianipar, Asmah Indrawati, Abdul Rahman. 2020. Respon Pertumbuhan dan Produksi

https://ilmubudidaya.com/cara-membuat-pupuk-gandasil

https://www.swadayaonline.com/artikel/6986/Raup-Rupiah-Dari-Limbah-Panen-Jagung/

Jagung dan Pupuk Organik Cair Limbah Ampas Tebu. Program Studi Agroteknologi,

Lahan Pertanian. Deputi Bidang Agroindustri dan Bioteknologi. Jakarta.

Mulyono, D. 2010. Pemanfaatan Limbah Jagung Menjadi Pupuk Organik untuk Penyuburan

Suprapto, H. S., dan M.S. Rasyid. 2002. Bertanam Jagung. Jakarta: Penebar Swadaya.

Syamsia, Abubakar Idhan, dan Kasifah, 2019. Produksi Kompos dari Aneka Limbah Jagung. Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat, Pekanbaru. UNRI. Community Engagement. ISSN 2685-9017.

Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) terhadap Pemberian Kompos Batang


Article Metrics

Abstract view : 248 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.