Pelatihan Assesmen Digital dengan Google Form Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik di Era Pandemi Bagi Guru Sekolah Menengah di Kabupaten Gowa

Nurhayati Bedduside(1*), Yusmina Hala(2), Dian Dwi Putri Ulan Sari Patongai(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan Asesmen (Assessment) merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk menggali informasi terkait dengan hasil belajar dan proses pembelajaran yang telah dilakukan untuk selanjutnya dijadikan patokan untuk mengevaluasi peserta didik dan proses pembelajaran. Proses asesmen yang dilakukan dengan baik dan objektif akan menghasikan penilaian yang baik dan juga objektif pula  serta mampu mengukur apa saja yang perlu untuk diukur sehigga perbaikan proses pembelajaran dapat dilakukan secara optimal. Pandemi yang melanda indonesia setahun terakhir berdampak pada pelaksanaan pembelajaran yang harus dilakukan secara online, begitupun dengan proses asesmen hasil belajar peserta didik. Namun kenyataan dilapangan, masih banyak guru yang belum menguasai asesmen berbasis digital. Kegiatan Pelatihan asesmen digital dengan Google Form bagi guru sekolah menengah di Kabupaten Gowa dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat asesmen digital sebagai media evaluasi hasil belajar peserta didik. Pelatihan dilakukan selama satu hari pelatihan secara luring, dan dilanjutkan tiga hari pendampingan secara daring melalui aplikasi telegram. Adapun hasil yang dicapai setelah dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini adalah peningkatan pengetahuan kemampuan guru dalam membuat asesmen digital dengan Google Form, dan respon yang diberikan oleh peserta pelatihan terhadap pelaksanaan kegiatan ini berada pada kategori sangat baik dengan skor 3,78.  

 

Kata Kunci:Pelatihan, Asesmen digital, Hasil Belajar, Google Form,

Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. 2004. Language Assesment. San Fransisco State University.

Kemdikbud. 2020. Pedoman BDR SE Sesjen Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/5b9eda821425005

Mulatsih, B. (2020). APPLICATION OF GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE FORM AND QUIZIZZ IN CHEMICAL LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.129

Septiawan, fanzuri. (2020). efektivitas penggunaan Google Form dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran pemeliharaan mesin sepeda motor di smk negeri 1 koba. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 3(2) tahun 2020. Diakses pada https://core.ac.uk/download/pdf/236999921.pdf

Suwandi, Sarwiji. 2011. Model-Model Asesmen dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

UTAMI, L. W. S. . (2021). PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI C0VID-19. TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150-156. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i3.453


Article Metrics

Abstract view : 121 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.