Mengedukasi dan Memberi Pelatihan kepada Masyarakat Kelurahan Malino untuk Pembuatan Hand-Sanitizer

Suarlin Suarlin(1*), Ichsan Ali(2), Fajar Arwadi(3), Ahmad Fudhail Majid(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Pelatihan pembuatan hand-sanitizer dalam kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada masyarakat Kelurahan Malino Kabupaten Gowa dalam memanfaatkan bahan-bahan tradisional yang tersedia di alam sekitar untuk pembuatan hand-sanitizer. Target khusus dari pelatihan ini adalah masyarakat mampu secara mandiri membuat bahan hand-sanitizer untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan Pengabdian ini berupa metode pemberian materi, demonstrasi dan Tanya jawab, serta praktek pembuatan hand-sanitizer yang dilakukan oleh peserta pelatihan di Kelurahan Malino. Adapun kegiatan ini dimulai dengan tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Hasil yang diperoleh adalah meningkatknya pengetahuan peserta pelatihan, khususnya dalam memanfaatkan bahan alami daun sirih dan jeruk nipis untuk membuat hand-sanitizer.

 

Kata kunci: daun sirih, jeruk nipis, hand-sanitizer


Full Text:

PDF

References


Dyer, D. L., Shinder, A., & Shinder, F. (2000). Alcohol-free instant hand sanitizer reduces elementary school illness absenteeism. FAMILY MEDICINE-KANSAS CITY-, 32(9), 633–638.

HARSANTI, M. P. (2016). HAND SANITIZER MINYAK ATSIRI DARI KULIT JERUK.

Jones, B. A. (2014). ADDIE model (Instructional design).

Kitsanapun, A., & Yamarat, K. (2019). Evaluating the effectiveness of the “Germ-Free Hands” intervention for improving the hand hygiene practices of public health students. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 12, 533.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.