Alat Kendali dan Monitor Lab. Berbasis Relay Raspberry bagi Guru dan Siswa SMK Nasional Makassar

Yunus Tjandi(1*), Zulhajji Zulhajji(2), Marthen Paloboran(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Tujuan yang ingin dicapai pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah : (1) untuk meningkatkan pengetahuan Guru dan siswa SMK Nasional Makassar (Mitra).   dalam membuat software Alat kendali dan monitor  Laboratorium berbasis Relay Raspberry yang berfungsi untuk mengendalikan dan memonitoring  peralatan listrik pada suatu Lab./Gedung/kantor dengan menggunakan Smartphone atau Komputer, (2) untuk meningkatkan keterampilan Mitra dalam membuat dan memanfaatkan Alat kendali dan monitor  Lab. berbasis Relay Raspberry sesuai software yang telah dibuat, (3) untuk meningkatkan keterampilan Mitra dalam menghubungkan perangkat Alat Kendali dan Monitor Lab. dengan jaringan Internet melalui Modem RouterTP-Link sehingga dapat berfungsi untuk mengendalikan perangkat peralatan listrik  sesuai software yang dibuat. Metode yang digunakan pada pelatihan Workshop adalah metode Ceramah, diskusi, tanya jawab dan demonstrasi dan via zoom . Hasil program PKM ini adalah kelompok Guru dan Siswa  (SMK Nasional Makassar) : (1) pengetahuan Mitra dalam hal membuat software Alat Kendali dan monitor Lab. Berbasis Relay Raspberry lebih meningkat, (2) keterampilan Mitra dalam membuat dan memanfaatkan Alat Kendali dan monitor Lab. Berbasis Relay Raspberry  bertambah, (3) keterampilan Mitra untuk menghubungkan perangkat Alat Kendali dan monitor Lab. Berbasis Relay Raspberry dengan jaringan internet lebih meningkat, dengan menggunakan Modem Router TP-Link, sehingga alat kontrol  tersebut dapat difungsikan baik dari jarak dekat maupun dari jarak jauh dengan menggunakan Smartphone.

 

Kata Kunci : Alat kendali dan monitor, Relay Raspberry, Perangkat listrik, Smartphone

Full Text:

PDF

References


Amalia Hanifah, Iwan Setiawan, Darjat. 2011. Aplikasi Smart Card sebagai Pengunci Elektronis pada Smart Home. Universitas Diponegoro. Semarang.

Chantrapornchai, dkk. 2013. Development of Energy Saving Smart Home Prototype. Department of Computing, Faculty of Science, Silpakorn University, Thailand. International Journal of Smart Home Vol. 7, No. 1, January, 2013.

Grant B. Cornell, Christopher D. Celestial, and Arc E. P. Mercolesia. 2013. Smart Home Electricity Management System Using Cloud Computing (SHEMS). Journal of Advances in Computer Networks, Vol. 1, No. 1, March 2013.

Hanafi Al Fatta .2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Andi Yogyakarta.

Imam Bakhsh, dkk. 2012. Intelligent Home Monitoring Using RSSI in Wireless Sensor Networks. International Journal of Computer Networks & Communications (IJCNC) Vol.4, No.6, November 2012.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.