PKM Pendampingan dan Pelatihan Literasi Isi Piringku kepada Atlet Bolavoli Sparta

Sarifin G(1*), Rusli Rusli(2), Nurussyariah H(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan pendampingan dan pelatihan literasi isi piringku kepada atlet bolavoli Sparta merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam lingkup Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Program pengabdian kepada masyarakat ini menjadikan atlet Sparta UNM sebagai mitra untuk melakukan sosialisasi mengenai manajemen nutrisi berdasarkan konsep ISI PIRINGKU. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi, pengenalan, dan pelatihan kepada atlet bolavoli FIK UNM mengenai bagaimana dan apa saja jenis-jenis nutrition maintenance secara tepat, seimbang, dan mandiri dan memberikan sosialisasi, pengenalan, dan pelatihan mengenai konten dan komponen dari kampanye ISI PIRINGKU yang sedang disebarkan oleh Kementrian Kesehatan mengenai konsep gizi terbaru. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari yang bertempatkan di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Materi yang dibawakan berisikan mengenai manajemen nutrisi berdasarkan konsep ISI PIRINGKU yang dapat menjadi bekal untuk atlet bolavoli Sparta FIK UNM. Sesi kegiatan terbagi menjadi empat sesi yaitu sesi ice breaking, teori, praktek, dan forum group discussion (FGD).

Kata Kunci: manajemen, nutrisi, atlet

Full Text:

PDF

References


Anggitasari, ED., et. al. Hubungan Somatotype dengan Kesegaran Jasmani Atlet Sepak Bola. Jurna Keolahragaan. 7(1):11-22.

Hasanatun, et. al. 2019. Hubungan Status Gizi dan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Kebugaran Jasmani Pada Atlet Pencak Silat Pagar Nusa Gresik. Ghidza Media Journal. 1(1):1-9.

Heath, B. H., & Carter, J. L. (2002). A Modified Somatotype Method. American Journal of Physical Anthropology. 27(1):251–267.

Kementerian Kesehatan RI. (2013). Pedoman Gizi Olahraga Prestasi. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Puspaningtyas, DE. et.al. 2018. Edukasi Penyusunan Menu Makanan Bagi Atlet Sepak Bola di PS. Mlati. Dharma Bakti. 1(2):78-82.

Syafrizar dan Wilda. 2009. Gizi Olahraga. Wineka Media. Malang. Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 186 times | PDF view : 32 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.