Rintisan Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna di Desa Sokkolia, Kabupaten Gowa

Nurhayati Nurhayati(1*), Khaeruddin Khaeruddin(2), Muh. Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Singkong merupakan hasil pertanian unggul masyarakat Desa Sokkolia yang menjadikan Desa Sokkolia berpotensi menjadi salah satu sentra Home Industry usaha keripik singkong. Tujuan dalam kegiatan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah memberikan pelatihan pengolahan singkong menjadi keripik dan memperkenalkan Sistem Teknologi Tepat Guna pengiris singkong dapat diterapkan dalam usaha industri rumah tangga masyarakat Desa Sokkolia. Kegiatan PKM yang akan dilaksanakan di Desa Sokkolia, dibagi dalam beberapa tahapan yaitu: Focus Group Discussion (FGD), rancang bangun sistem Teknologi Tepat Guna berupa mesin pengiris singkong, penyuluhan dan pelatihan pengolahan singkong menjadi keripik, dan penerapan sistem Teknologi Tepat Guna. Target yang telah berhasil dicapai dalam kegiatan diseminasi pelatihan dan penerapan teknologi tepat guna melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini meliputi 2 (dua) aspek utama: Aspek Manajemen Usaha, dengan meningkatnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat dalam memanfaatkan potensi lokal, dan Aspek Produksi yang ditunjukkan dengan keberhasilan merancang bangun dan menerapkan sistem teknologi tepat guna mensin pengiris singkong yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok masyarakat mitra secara efektif dan efisien.

 

Kata Kunci: Home Industry, Teknologi Tepat Guna, Keripik Singkong

Full Text:

PDF

References


Purnomo, R.A., Ardiana, T.E. (2017). Pemetaan Potensi Teknologi Tepat Guna Usaha Kecil dan Menengah Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Kesiapan Teknologi di Wilayah Kabupaten Ponorogo. Sustainable Competitive Advantage-7 (Sca-7), Purwokwerto.

Irawati, N., Nurcahyaning, D.K. (2019). Peningkatan Produktivitas Usaha Keripik Singkong Melalui Pelatihan dan Pendampingan Teknologi Tepat Guna di Desa Sumber Anyar Kabupaten Bondowoso. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, Volume 5, No. 1. Universitas Jember.

Sungkono, S.W., dkk. (2009). Inovasi Teknologi Tepat Guna Untuk Meningkatkan Produktivitas, Nilai Tambah dan Akses Pasar Usaha Mikro di Unit Pemukiman Transmigrasi “Karang Cahyo” Kabupaten Bengkulu Selatan. Ekombis Review.

Kuntardjo, S.B., dkk. (2018). Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Untuk Produksi Makanan Olahan Hasil Pertanian Di Magelang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, Vol. 1. Semarang.

Ginting, E. (2002). Teknologi Penanganan Pascapanen dan Pengolahan Ubikayu Menjadi Produk-Antara untuk Mendukung Agroindustri. Buletin Palawija, No. 4:67 – 83. Malang.

Haris, W.A., dkk. (2017). Analisis Peranan Subsektor Tanaman Pangan terhadap Perekonomian Jawa Barat. Journal of Regional and Rural Development Planning. Vol. 1, No.3:231 – 242. Bogor.

http://inaagrimap.litbang.pertanian.go.id/index.php/sentra-produksi/tanaman-pangan/ubi-kayu. 2016 – 2018.


Article Metrics

Abstract view : 194 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.