Pengajaran Go, Play and Do Related To Sports pada Komunitas Penggiat Olahraga Massenrempulu

Rahmad Risan(1*), Sulaeman Sulaeman(2), Hasriani G(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah para penggiat olaharaga massenrempulu yang terdiri dari Atlet dan pemuda massenrempulu, kabupaten Enrekang. Permasalahan pada mitra adalah: kurangnya pengetahuan para penggiat olahraga dari massenrempulu tentang cara menggunakan kata atau kalimat bahasa inggris yang berhubungan dengan olahraga baik itu secara lisan maupun tulisan. Pendekatan yang diberikan dalam pelaksanaan pelatihan terdiri dari tiga metode pelaksanaan yang terdiri dari penyajian materi, pemberian latihan dan penberian quiz secara online. Berdasarkan hasil evaluasi dari tim pelaksana, setiap penugasan yang diberikan kepada peserta pelatihan memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap pengetahuan dan pemahaman para peserta mengenai fungsi dan penggunaan Go, Play and Do dalam bahasa Inggris yang berhubungan dengan olahraga. Peserta pelatihan yang awalnya masih memiliki kesalahan dalam menggunakan atau memasangkan kosa kata dalam bahasa inggris dapat menunjukkan antusiasme mereka dalam memahami materi tesebut dengan banyak bertanya kepada tim pengabdi. Hasil yang dicapai dalam kegiatan ini adalah (1) mitra memahami penggunaan Go, Play and Do dalam Bahasa Inggris, (2) mitra mampu membuat kalimat Bahasa Inggris dengan benar secara lisan maupun tertulis.

 

Kata kunci: Go-Play and Do, Penggiat Olahraga, Bahasa Inggris


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A., Rachmijati, C., & Listia Apriliyanti, D. (2020). Penerapan Media Kuis Interaktif Kahoot Untuk Meningkatkan Speaking Skill Siswa di Desa Subang. Abdimas Siliwangi, 03(01), 351–360.

Esl, efl. (2018). Go , Play and Do Questionnaire. TEACH THIS ESL/EFL.

Risan, R., Mahyuddin, R., & Hasriani, G. (2020). The Importance of ESP Materials ( English For Specific Purposes ) Specialization on Sport in EnglishCourses. International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT), 8, 1532–1538.

Risan, R., & Makassar, U. N. (2021). Identifying the use of quizzes for students during online learning. 9(02), 52–63.


Article Metrics

Abstract view : 79 times | PDF view : 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.