Peningkatan Keterampilan Pengelasan Dengan Menggunakan Las Gas Tungsten Arc Welding Pada Siswa SMK Negeri 6 Bulukumba

Hamzah Nur(1*), Ismail Aqsha(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Siswa SMK Negeri 6 Bulukumba. Masalah yang dialami dalam praktikum Teknik Pengelasan adalah: (1) kurangnya pengetahuan tentang penggunaan alat pengelasan dengan menggunakan las Gas Tungsten Arc Welding (GTAW), (2) kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan mesin las GTAW, (3) terbatasnya sarana peralatan pengelasan dengan menggunakan las GTAW. Metode yang digunakan adalah: memberikan teori praktis pengelasan yang kemudian diikuti latihan dari masing-masing siswa dengan menggunakan jobsheet sebagai panduan. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan penggunaan alat pengelasan dengan menggunakan las GTAW, (2) mitra memiliki keterampilan pengelasan dengan menggunakan las GTAW, (3) mitra dapat mengoperasikan alat pengelasan dengan menggunakan las GTAW. Tahapan pelaksanaan kegiatan ini yaitu; pemberian materi tentang teori dasar pengelasan, penyiapan mesin dan alat kelengkapan pengelasan, mempelajari/menyimak dengan saksama proses/langkah langkah pengelasan sebagaimana yang diinstruksikan di jobsheet, melakukan pengelasan yang diawali dengan tackweld bahan yang dilas, kemudian dilanjutkan dengan proses pembersihan hasil lasan. Hasil/pekerjaan dari setiap siswa peserta pelatihan akan dievaluasi dengan melihat bentuk rigi-rigi las/sambungan las berupa kerataan, kehalusan, undercut, kebersihan, dan kekuatan rigi las

 

Kata kunci:  pengelasan, las TIG, GTAW

Full Text:

PDF

References


Djatmiko, Riswan Dwi. 2017. Jurnal Praktek Fabrikasi VI. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Joseph F. Shigley, 1995. Perencanaan Teknik Mesin. Jakarta : Erlangga

Harsono Wiryosumarto, 1996. Teknologi Pengelasan Logam, Jakarta : PT. Pradiya Paramita.

Luzadder Warren. J, 1983. Menggambar Teknik Mesin Untuk Desain, Pengembangan Produk dan Kontrol Numerik, Jakarta : Penerbit Erlangga.

Najamuddin. 2014. Jurnal Mengenal Pengelasan TIG Welding (Tungsten Iner Gas Welding). Bandar Lampung: Universitas Bandar Lampung.

Soedjono, 1978. Pengetahuan Logam I, Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sri Widharto, 1987. Petunjuk Kerja Las, Jakarta : PT. Pradiya Paramita.

Sugara, Bayu. 2010. Makalah Pengelasan TIG. Pekanbaru: Universitas Negeri Utah.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 195 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.