Pelatihan Perancangan Karya Tulis Ilmiah kepada Guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Galesong Selatan Takalar

Munir Munir(1*), Abdullah Abdullah(2), La Sunra(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan bagi para guru Madrasah Tsanawiyah Galesong Selatan Takalar dalam menulis atau menyusun karya ilmiah berupa penulisan Artikel atau makalah. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu minggu dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, praktek dalam menyusun karya tulis ilmiah, seperti artikel dan makalah. Diakhir kegiatan ini diadakan evaluasi oleh Tim sebagai bagian untuk mengetahui keberhasilan peserta dalam kegiatan ini. Hasil evaluasi kegiatan ini menunjukkan bahwa 80% peserta berhasil memeras artikel dan makalah untuk Jurnal (nasional maupun internasional). Dengan kata lain, terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan serta motivasi yang tinggi dari para peserta dalam mendesain artikel atau makalah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah berhasil. Kata kunci: Karya tulis ilmiah, artikel, guru

Full Text:

PDF

References


Allen, E.D. dan Rebacca M.V. 1977. Classroom Techniques: Foreign Languages and English as a Second Language. New York: Harcourt Brace Jovanovich, Inc.

Brown, J.D. 1980. Principles of Language Learning and Teaching. Prentice-Hall. Englewood Cliffs.

Davis, E.C. 1989a. An Integrated Skills Approach. Hasanuddin University and SIL. Ujung Pandang.

------- 1989b. Learning Skill and Language Learning Strategies. Hasanuddin University. Ujung Pandang.

Ferries, D.R. 2001. Teaching Writing for Academic purposes.In John Flowerdew and Mathew Peacock (Eds). Research Persepctive on English for academic Porposes. Cambridge. Cambridge University Press.

Hyland, K. 2000. Teaching and Researching writing. Harlow: Longman: Pearson Educational Limited.

Mc. Mahan, E., et al. 2007. Literature and the Writing Process. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Oshima, A. & Hogue A. 1991. Writing Academic English, Second Edition. New York: Addision-Wesley Publishing Company

Mc. Mahan, E., et al. 2007. Literature and the Writing Process. New Jersey: Pearson Prentice Hall.


Article Metrics

Abstract view : 94 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.