Peningkatan Kemampuan Berliterasi Guru-Guru SMAN 2 Takalar Melalui Pelatihan Penyusunan RPP Berbasis Steam (Sains, Teknologi, Enginering, Art, Dan Mathematics)

Jusniar Jusniar(1*), Fudael Fudael(2), Munawwarah Munawwarah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan (PKM) ini adalah Guru-guru SMAN 2 Takalar. Masalah mitra adalah 1) kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun RPP berbasis STEAM, 2) sangat terbatas dalam implementasi model pembelajaran yang menstimulasi kemampuan literasi dasar siswa. Metode PKM yang diterapkan berupa pelatihan dan pendampingan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, dan pendampingan mitra tentang penyusunan RPP berbasis STEAM. Kegiatan ini diawali dengan penetapan indikator-indikator pencapaian kompetensi atau materi yang dirancang dan pemilihan model pembelajaran yang sesuai. Pendekatan STEAM yang sesuai untuk jenjang SMA dengan kemandirian masing-masing matapelajaran adalah embedded  Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh 20 peserta dari hasil jajak persepsi melalui angket. Mereka berharap kegiatan-kegiatan sejenis ini berkelanjutan untuk lebih meningkatkan profesionalisme guru-guru. Kegiatan pelatihan ini menghasilkan guru-guru yang mengerti dan memahami cara menyusun RPP berbasis STEAM yang sangat dibutuhkan oleh lembaga pendidikan khususnya para guru di SMAN 2 Takalar Kabupaten Takalar.

 

Kata Kunci: Literasi, Pendekatan, RPP, STEAM, embedded.


Full Text:

PDF

References


Carbaugh, B., Marzano R., & Toth, M. 2017. New to the Marzano Teacher

Evalution Model? The Marzano Focused Teacher Evaluation Model. A

Focused, Scientific-Behavioral Evaluation Model for Standards-Based

Classrooms. West Palm Beach: Learning Scince Marzano Center.

Danielson, Charlotte. 2013. Framework For Teaching Instrument evaluation .

Indri Sari Utami, Rahmat Firman Septiyanto, Firmanul Catir Wibowo, dan AnangSuryana. 2017. Pengembangan STEAM-A (Science, Technology,

Engineering, Mathematic and Animation) Berbasis Kearifan Lokal dalam

Pembelajaran Fisika. Artikel Jurnal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AlBiRuNi, 06 (1) :67-73.

Nailul Khoiriyah, Abdurrahman, dan Ismu Wahyudi. 2018. Implementasi

pendekatan pembelajaran STEAM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi gelombang bunyi. Artikel Jurnal. JRKPF UAD Vol.5 No.2 Oktober.

NRC National Research Council of The National Academies. 2011. Successful K-

STEAM Education: Identifying Effective Approaches in Science,

Technology, Engineering, and Mathematics. Washington D.C.: The National

Academies Press.

Ololube, N. P. 2011. Blended learning in Nigeria: Determining students’

readiness and faculty role in advancing technology in a globalized

educational development. In A. Kitchenham (Ed.), Blended learning across

disciplines: Models for implementation (pp. 190–207). Hershey, PA:

Information Science Reference. doi:10.4018/978-1-60960-479-0.ch011.

Prescott, J. E., Bundschuh, K., Kazakoff, E. R., Elise, J., Bundschuh, K., &

Kazakoff, E. R. (2018). Elementary school – wide implementation of a

blended learning program for reading intervention. The Journal of

Educational Research, 111(4), 497–506.

https://doi.org/10.1080/00220671.2017.1302914. 2011.

Sahih, Alpaslan. 2015. A Practice-based Model of STEAM Teaching STEAM

Students on the Stage (SOS)TM. Rotterdam: Sense Publishers.

Staker, B. H., & Horn, M. B. Classifying K – 12 Blended Learning.

California, USA: Innosight Institute, Inc. 2012.

Tribun News.com Gowa. Koran On-line tanggal 10 oktober 2020.

Usman M.,U. 2007. Menjadi Guru Prefesional, Bandung: Rosda Karya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen


Article Metrics

Abstract view : 153 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.