PKM Group Coaching sebagai Intervensi Move On pada Penyintas Bencana Gempa Bumi Mamuju Sulawesi Barat

Nur Afni Indahari(1*), Rahmawati Syam(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah penyintas bencana gempa bumi di Dusun Ba’basondong, Desa Kabiraan, Kecamatan Ulumanda. Masalahnya adalah: (1) mitra yang masih merasa nyaman dengan kondisi tinggal di tempat pengungsian dan masih mengharapkan bantuan dari simpatisan atau pemerintah, (2) mitra kurang berinisiatif untuk memulai kembali aktifitasnya seperti sebelum bencana, padahal kondisi sudah dipastikan aman dan kebutuhan hidup harus terus dipenuhi, (3) mitra ingin memulai baru kehidupannya tetapi tidak tahu harus memulainya dari mana. Sasaran eksternal adalah mitra mau dan mampu untuk bergerak maju setelah mengalami keterpurukan akibat bencana ini. Metode yang digunakan adalah: building rapport untuk membangun kepercayaan masyarakat terlebih dahulu, mengenali diriku dengan identifikasi kelebihan, kekurangan, hambatan dan tantangan yang saat ini, ceramah dengan mengenalkan apa itu intervensi coaching dan mempraktikkan proses coaching. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra menjadi lebih mandiri dan tidak memiliki ketergantungan yang begitu kuat terhadap simpatisan atau pemerintah, (2) mitra memiliki pemikiran untuk berinisiatif melakukan pergerakan atau move on untuk memenuhi kebutuhannya seperti sedia kala, (3) mitra mendapatkan insight mengenai cara untuk bergerak maju dan hidup normal seperti sedia kala.

 

Kata kunci: coaching, move on, penyintas.


Full Text:

PDF

References


Cokerham, G. & Mitsch, D. J., (2018). Expansion: Scalling the benefits of coaching for group and teams. Choice Mag, Vol. 6(4), 29-32. Retrieved from: www.Pyramidresource.com.

Griffiths, K. & Campbell. (2009). Discovering, applying and integrating; The process of Learning in Coaching. International Journal of Evidence Based Coaching and mentoring. Vol. 7. No.2.

Starr, J. (2016). The coaching manual: 4th Edition. London: Pearson.

Whitmore, J. (2017). Coaching for Performance: 5th Edition. London: Nicholas Brealey Publishing.


Article Metrics

Abstract view : 113 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.