PKM Terapi Massage Sport Pasca Cedera Engkel pada Atlet Futsal Pon Sulawesi Selatan

Benny Badaru(1*), Juhanis Juhanis(2), Sufitriyono Sufitriyono(3), Rivan Saghita Pratama(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Semarang
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Program Kegiatan Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui tentang Terapi Massage Sport pasca cedera engkel pada atlet futsal PON Sulawesi Selatan. Solusi yang ditawarkan pada kegiatan ini yaitu mengenalkan materi massage terapi cedera dalam penyusunan prosedur operasional standar dalam perawatan cedera engkel, praktek tentang penanganan berbagai jenis cedera olahraga, cara mendiagnosa serta pemberian materi perawatan dan pencegahan cedera sesuai dengan prosedur operasional standar dan pemberian materi mengenai teknik penyediaan sarana prasarana penunjang dalam penanganan cedera olahraga. Metode pada pelaksanaan kegiatan berupa praktek (demonstrasi) dan teori tentang penanganan perawatan cedera engkel pada olahraga futsal. Target luaran pada kegiatan ini adalah menambah pengetahuan dan keterampilan, teknik terapy massage pada cedera engkel pada atlet futsal PON Provinsi Sulawesi Selatan, sebagai prosedur tetap (protap) penanganan cedera engkel olahraga futsal yang bersifat aplikatif bagi para atlet futsal, menambah pengetahuan terkait tentang sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam memberikan penanganan cedera engkel pada olahraga futsal dan praktek pengurutan cedera engkel pada olahraga futsal.

 

Kata kunci: Massage sport, cedera engkel dan futsal


Full Text:

PDF

References


Basoeki Hadi. Drs, Sulistyorini.Drs. M.Pd,2009, Sport Massage

Chang Hee Jung (KOICA), 2002. Massage Olahraga Untuk Masyarakat Umum. Universitas Negeri Malang.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Sport Massage,1980, Dit. Jen.

Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga Departemen Pendidikan dan Kebudayaan R.I Dip.

Linda Doeser, 1994. Massage For Common Ailmeuts. Parragon B

Astawa, Putu. 2003. Cedera Olahraga Aspek Bantuan Hidup Dasar dan Pertolongan Pertama. Makalah. Disampaikan Pada Pelatihan Rehabilitasi Medik Cedera Olahraga. Rumah Sakit Sanglah. Denpasar.

C.K. Giam, K.C. Teh. 1992. Ilmu Kedokteran Olahraga. Alih Bahasa: Hartono Satmoko. Jakarta. Binarupa Aksara.

Hardianto Wibowo. 1994. Pencegahan dan Penatalaksanaan Cedera Olahraga. Jakarta.

Latuheru, R. V., Saleh, M. S., Rizal, A., & Benny, B. (2019, December). PKM massage sport pada pengurus Masjid SC Ar-Riyadhoh Makassar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 8).

EGC. James Wilson., MacDonald., Colin Fergusson. 1992. Cedera Olahraga. Alih Bahasa: Gustav Anantamuller. Penerbit ARCAN. Jakarta.

Paul M. Taylor., Diane K Taylor. 1997. Mencegah dan Mengatasi Cedera Olahraga. Alih Bahasa: Jamal Khabib. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Widana I Ketut.2003. Mekanisme Kontraksi Otot Dalam pencegahan Cedera Olahraga.Makalah. Disampaikan Pada Pelatihan Rehabilitasi Medik Cedera Olahraga. Rumah Sakit Sanglah. Denpasar.


Article Metrics

Abstract view : 316 times | PDF view : 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.