PKM Pelatihan Penulisan dan Publikasi Artikel Ilmiah Online bagi Mahasiswa Semester Akhir

Andi Wahed(1*), Sumarlin Mus(2), Andi Nurochmah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Fakultas Ilmu Pendidikan. Masalahnya adalah: (1) kurang pahamnya mahasiswa semester akhir terhadap teknik penulisan dan publikasi artikel ilmiah, (2) kurang keterampilan kemampuan menulis artikel ilmiah dengan tepat dan masih kurang paham dalam menggunakan manajemen referensi, dan (3) Kebutuhan mahasiswa semester akhir terhadap pelatihan penulisan dan publikasi artikel ilmiah untuk dapat segera memenuhi syarat ujian tutup. Sasaran eksternal adalah pubikasi ilmiah mahasiswa pada Open Jurnal System termasuk jurnal online yang sudah disediakan dalam lingkup FIP UNM. Metode yang digunakan adalah: eksplanatori, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendampingan kelompok mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam menulis karya ilmiah (2) mitra memiliki keterampilan menulis dengan aplikasi mendeley, (3) mitra memiliki kemampuan mempublikasi artikel ilmiah pada Open Jurnal System termasuk yang udah disediakan dalam lingkup FIP UNM.

 

Kata kunci: artikel ilmiah, mendely, publikasi ilmiah


Full Text:

PDF

References


Astuti, E., & Isharijadi, I. (2019). Pengenalan open journal system (OJS) untuk publikasi ilmiah mahasiswa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 409–414.

Elsevier, & Manual, M. (2017). Mendeley Manual for librarians. In The Electronic Library.

Nugrohoadhi, A. (2017). Pemanfaatan Publikasi Ilmiah di Perguruan Tinggi. LIBRARIA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 97–114.

Wahed, A., Faridah, F., & Irmawati, I. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Dan Manajemen Referensi. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor: B/323/B.B1/SE/2019 tentang publikasi karya ilmiah program sarjana program magister dan program doktor.

Peraturan Rektor UNM Nomor 3379/UN36/PI/2020 tentang Kewajiban Publikasi Ilmiah.


Article Metrics

Abstract view : 110 times | PDF view : 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.