PKM Workshop Pengembangan Filter Berbasis Karbon-Aktif Nano ZnO Sebagai Media Peningkatan Kualitas Air

Subaer Subaer(1*), Agus Susanto(2), Vicran Zharvan(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Telah dilakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMP Negeri 9 Bulukumba. Kegiatan PKM ini diadakan bersama dengan mitra yakni guru-guru di SMP Negeri 9 Bulukumba dengan memberikan penyuluhan serta pelatihan dalam pembuatan filter penjernih air menggunakan karbon-aktif nano ZnO. Kegiatan ini merupakan sarana bagi mitra guru dalam mendapatkan informasi mengenai ilmu nano-sains terapan dan mengaplikasikannya ke dalam suatu produk penjernih air. Kegiatan PKM ini dirancang dalam bentuk kegiatan workshop yang berisikan materi-materi meliputi peranan material nano dalam perkembangan teknologi dan pengaplikasiannya serta rancang bangun alat filter air yang menggunakan teknologi nano berbasis karbon-aktif dan nano ZnO. Kegiatan ini dapat memberikan sarana ilmu pengetahuan yang baru terhadap mitra mengenai ilmu nano material, pemanfaatan teknologi nano dalam memudahkan kehidupan dalam hal ini peningkatan kualitas air minum sehingga dihasilkan suatu filter air sederhana yang dapat digunakan oleh mitra dan lingkungan sekitar.

 

Kata kunci: Nanosains, Karbon-aktif, ZnO, PKM, Air, filter


Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 32 Tahun 2017.

Rinawati, R., Hidayat, D., Suprianto, R., Dewi, P, S. (2016). Penentuan kandungan zat padat (total dissolve dan total suspended) di perairan teluk lampung. Jurnal Analit. Vol. 1. No. 1.

Effendi, H. (2003). Telaah Kualitas Air Bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan. Kanisius, Yogyakarta, 98 halaman.

Hidayatuloh, R., Subagio, A., Nurhassanah, I. (2012). Fotokatalitik ZnO:Ka pada Penjernihan Air Kali Banger Semarang. Jurnal Sains dan Matematika. Vo. 20 No. 4. Hal. 89-92.

Liu, H. L dan Yang, T, C, K. (2003). Photocatalytic Inactivation of Esherichia Coli and Lactobacillus Helvecticus by ZnO and TiO2 Activated with Ultraviolet Light. Process Biochemistry 39 (4) , 475-481.

Applerot, G., Perkas, N., Amirian, G., Girshevitz, O., dan Gedanken, A. (2009). Coating of Glass with ZnO Via Ultrasonic Irradiation and A Study of Its Antibacterial Properties. Applied Surface Science 256 (3).

Karunakaran, C., Rajeswari, V., dan Gomanthisankar, P. (2010). Enhanced Photocatalytic and Antibacterial Activities of Sol-Gel Synthesized ZnO and Ag-ZnO. Journal of Alloys and Compounds 508 (2), 587-591.

Akyol, A dan Bayramoglu, M. (2010). Preparation and Characterization of Supported ZnO Photcatalyst by Zincate Method. Journal of Hazardous Materials 175 (1-3), 484-491.

Mekasawundumrong, O., Pawinrat, P. dan Panpranot. (2010). Effects of Synthesis Conditions and Annealing Post-treatment on the Photocatalytic Activities of ZnO Nanoparticles in the Degradation of Methylene Blue Dye. Chemical Engginering Journal 164 (1), 77-84.


Article Metrics

Abstract view : 177 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.