Pembelajaran Menulis Iklan Berbasis Produk Lokal untuk Menumbuhkan Jiwa Ekonomi Kreatif Guru SD Kabupaten Gowa dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Sakinah Fitri(1*), Nurhusna Nurhusna(2), Alfian Tufli(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Guru SD Kecamatan  Tinggi Moncong Malino  Kabupaten Gowa. Masalahnya adalah (1) Guru SD Kecamatan  Tinggi Moncong Malino  Kabupaten Gowa kurang memiliki sikap setia dan bangga terhadap bahasa Indonesia ragam iklan; (2) Guru SD Kecamatan  Tinggi Moncong Malino  Kabupaten Gowa kurang memiliki kesadaran akan norma bahasa Indonesia dalam menulis iklan. Metode yang digunakan adalah metode tutorial, ceramah, diskusi, Tanya jawab, dan praktikum. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang sikap setia dan bangga terhadap penggunaan bahasa Indonesia ragam iklan, (2) mitra memiliki keterampilan terhadap penerapan norma bahasa Indonesia dalam menulis iklan.

Kata Kunci: sikap setia, norma, bahasa Indonesia, menulis iklan, covid19


Full Text:

PDF

References


Badan Bahasa. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/sites/default/files/PUEBI.pdf?opwvc=1

UU 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Bendera Sang Merah Putih, Bahasa Indonesia, Garuda Pancasila, dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya merupakan jati diri bangsa dan identitas Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Article Metrics

Abstract view : 136 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.