Nugget Jamur sebagai diversifikasi produk olahan jamur tiram (Pleorotus ostreatus) sebagai makanan sehat

Rachmawaty Rachmawaty(1*), Andi Mu’nisa(2), Alimuddin Ali(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Diversifikasi pengolahan jamur dan pengembangan teknologi olahan jamur sangat diperlukan bagi petani dan pengusaha jamur dalam meningkatkan nilai tambah jamur tiram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara mengolah jamur tiram menjadi produk nugget sebagai diversifikasi produk olahan jamur tiram (Pleorotus ostreatus) sebagai makanan sehat. Kondisi UKM Mitra sebagai berikut; a) belum memanfaatkan secara optimal jamur tiram sebagai makanan sehat yang memiliki nilai gizi yang tinggi tidak kalah sama daging ayam maupun sapi; b) belum adanya penyuluhan dan pelatihan tentang pengembangan produk olahan jamur tiram sebagai makanan yang sehat. Metode kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi penyuluhan, peragaan, latihan pembuatan nugget, diskusi dan tanya jawab. Hasil yang dicapai adalah ibu-ibu rumah tangga Desa Sokkolia merasa senang karena mereka mendapatkan pengalaman baru memanfaatkan sumber hayati lain sebagai bahan makanan alternative untuk peningkatan gizi keluarga yang murah, mudah pembuatannya dan rasanya enak. Pelatihan ini akan dijadikan bekal bagi ibu-ibu untuk dijadikan usaha rumah tangga dalam peningkatan pendapatan keluarga.

 

Kata kunci : Nugget jamur, Jamur Tiram, diversifikasi, Makanan sehat


Full Text:

PDF

References


Alex S. 2011. Untung Besar Budi Daya Aneka Jamur. Pustaka Baru Press, Yogyakarta

Ginting AR, Herlina N, Tyasmoro SY. 2013. Studi pertumbuhan dan produksi jamur tiram putih (Pleorotus ostreatus) pada media tumbuh gergaji kayu sengon dan bagas tebu. Jurnal Produksi Tanaman 1 (2): xx

Muchtadi, T. R. 2010. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Alfabeta. Bandung.

Parjimo dan Andoko A. 2013. Budidaya Jamur (Jamur Kuping, Jamur Tiram, Jamur Merang). Agromedia, Jakarta. Parjimo, Andoko A. 2007. Budi Daya Jamur. Agromedia Pustaka. Jakarta.

Parlindungan, A. K. 2000. Pengaruh konsentrasi urea dan TSP di dalam air rendaman baglog alang- alang terhadap pertumbuhan dan produksi jamur Tiram Putih (Pleurotusostreatus). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dosen UNRI.Pekanbaru, September 2000.

Raskita, S., 2014. Nugget Jamur Tiram (Pleorotus ostreatus) sebagai alternative pangan sehat vegetarian.


Article Metrics

Abstract view : 586 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.