PKM Pelatihan Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Guru SD Negeri 65 Kota Parepare

Musfirah Musfirah(1*), St. Maryam M(2), Hasnah Hasnah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Adanya pandemi covid 19 menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik, efektif dan efesien. Berdasarkan analisis masalah ditemukan bahwa guru kesulitan dalam menyajikan pembelajaran secara daring, pembelajaran yang kurang interaktif, guru menggunakan media pembelajaran yang monoton, sehingga membuat siswa SD kurang tertarik dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru dengan melakukan pelatihan edmodo sebagai media pembelajaran daring. Edmodo sering disebut sebagai sebuah media sosial khusus bagi pegiat pendidikan karena tampilannya yang sangat menarik dan memiliki kemiripan dengan facebook sehingga memudahkan dalam mengoperasikannya. Pelatihan ini dilaksanakan melalui dua sesi, sesi pertama diisi dengan pemberianmateri dan sesi kedua praktik. Setelah pelatihan para guru-guru SD 65 Kota Parepare dapat menggunakan aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran daring dengan baik. Respon dari guru pun sangat antusias dalam mengikuti pelatihan, hal ini dapat dilihat dari keaktifan mereka dalam melakukan tanya jawab dan jumlah kehadiran yang sangat baik. Target yang diharapkan pengabdi pun dapat tercapai yaitu meningkatknya kemampuan guru dalam mempraktekkan aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci : Aplikasi Edmodo, Guru, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4). https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2941/2003 doi: https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941 .

Sadikin, Ali dan Hamidah, Afreni. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Jurnal biodik. Vol. 6 No. 2. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759 . DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Yirus D/Sease (Covid-19)


Article Metrics

Abstract view : 83 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.