Kepedulian Masyarakat Terhadap Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera di Kota Makassar

Andi Cudai Nur(1*), Risma Niswaty(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak, Pelaksanaan kegiatan pengembangan desa mitra yaitu Pendampingan Peduli Keluarga Berencana di Kampung KB Kota Makassar yang berada pada Kecamatan Manggala,  dengan melakukan  beberapa tahap kegiatan, yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap evaluasi. Tahap perencanaan adalah tahap awal untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pelaksanaan program pengembangan kampung KB. Tim pengusul melakukan analisis situasi     di Kecamatan Manggala termasuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat setempat. Selanjutnya dari hasil analisis tersebut maka tim pengusul melakukan persiapan dan perencanaan bentuk program dan kegiatan yang  akan dilaksanakan.

Pada tahap pelaksanaan ini yang dikembangkan adalah penyuluhan dan pembimbingan dengan menggunakan media spanduk, laptop, dan LCD serta instrumen pembimbingan yang diawali dengan membahas tentang  bagaimana cara mengembangkan kepedulian masyarakat terhadap keluarga berencana dan keluarga sejahtera yang ada di wilayah mereka, sehingga dapat menjadi kampung KB yang peduli terhadap program Keluarga Berencana dan keluarga sejahtera dengan meningkatkan tingkat pendapatan keluarganya melalui peningkatkan penghasilan keluarga bagi kesejahteraan masyarakat.

Output dari workshop ini adalah terbentuknya program kepedulian masyarakat yang lebih berhasil pada Kampung KB di Kota Makassar,  dan berdayaguna terhadap pengembangan kepedulian terhadap keluarga berencana dan keluarga sejahtera pada masyarakat umum.

 

Kata kunci: Kepedulian Masyarakat, Keluarga Berencana, Keluarga Sejahtera


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman., M, T, R., & Dara, P, A. 2019. Strategi Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Dalam Pelaksanaan Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Mataram. Vol. 7. No.2. Hal 139-152. September 2019.

Ariyanto, M., Hamirullah. 2019. Pemberdayaan Perempuan Dan Keluarga Berencana Kabupaten Bungo Dalam Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk. Vol 2. No. 1. Maret 2019.

Abdurrahman., 2019. Strategi Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Dalam Pelaksanaan Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Mataram. Vol. 7. No.2. Hal 139-152. September 2019.

BPPKB. 2015. Rencana Strategis badan Pemberdayaan Perempuan Dan keluarga Berencana kabupaten Bogor tahun 2013-2018.

Herwandi, W., Pangestoeti., & Dian, P, S. 2017. Strategi Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang Dalam Pelaksanaan Pengendalian Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Tanjungpinang.

Lantip., 2018. Manajemen Strategi. Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.