PKM Media PLTU Sederhana dan Lifting Hidraulic Sebagai Sarana Pendekatan STEM Berbasis PJBL di UPTD SD Negeri 46 Parepare

Ila Israwaty(1*), Nurjannah Nurjannah(2), Natriani Syam(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah para guru UPTD SD Negeri 46 Parepare. Masalahnya adalah: (1) Guru memerlukan tambahan pengetahuan tentang proses pembuatan media PLTU sederhana dan Lifting Hydraulic, (2) Guru memerlukan tambahan pengetahuan tentang penggunaan pendekatan STEM berbasis PjBL dengan menggunakan media PLTU sederhana dan (3) Guru memerlukan tambahan pengetahuan tentang penggunaan pendekatan STEM berbasis PjBLdengan menggunakan media Lifting Hydraulic. Metode yang digunakan adalah: pemberian materi dan praktek. Hasil yang dicapai adalah: (1) Guru memperoleh tambahan pengetahuan tentang proses pembuatan media PLTU sederhana dan Lifting Hydraulic, (2) Guru memperoleh tambahan pengetahuan tentang penggunaan pendekatan STEM berbasis PjBL dengan menggunakan media PLTU sederhana dan (3) Guru memperoleh tambahan pengetahuan tentang tentang penggunaan pendekatan STEM berbasis PjBLdengan menggunakan media Lifting Hydraulic.

 

Kata Kunci: pelatihan, pendekatan STEM, media

Full Text:

PDF

References


Afriana, J., Anna,P., & Fitriani, A. 2016. Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender Implementation Project-Based Learning Integrated STEM To Improve Scientific Literacy Based On Gender. Jurnal Pendidikan, Vol 2(2): 2

Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Rusman. 2018 Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.