Pendidikan Mitigasi Kebencanaan Untuk Siswa Kelas VI SDN 12 Kota Parepare

Abd Halik(1*), Ahmad Subair(2), Abd Aziz(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitigasi bencana bukan hal baru dalam dunia pendidikan, bahkan terdapat banyak sekali informasi bencana alam di sekolah khususnya pada mitra kami SD Negeri 12 Kota Parepare. Berikut masalahnya (1) Pengaplikasian mitigasi bencana masih sulit dan rumit, (2) Anak-anak usia sd merupakan kelompok rentan survive terhadap bencana (3) belum maaping potensi bencana dan langkah praktis atas masalah kebencanaan pada institusi pendidikan. Dalam penyusunan dan perencanaan artikel ini kami menggunakan metode yaitu, (1) Observasi (2) Studi Literatur (3) Mapping (4) Simulasi (5) Evaluasi (6) Desai Pendidikan Mitigasi. Dalam pelaksanaan pengabdian mengacu pada referensi yang telah dirancang. Adapun hasil dari pengabdian ini sebagai berikut: Solusi dari gambaran kebutuhan dan permasalahan mitra di rencang dengan (1) Mendesain pendidikan mitigasi untuk Siswa Kelas VI SDN 12 Parepare. Adapun jabaran dari program tersebut berupa (2) pengenalan kebencanaan, simulasi kebencanaan, (3)prototype mitigasi kebencanaan yang akan dilakukan berkelanjutan dalam bentuk modul.

 

Kata_Kunci: Mitigasi, Modul Simulasi, Bencana

Full Text:

PDF

References


Nieuwsblad, E., Bi, B. B. G. H., & Zater-, H. V. (n.d.). EersteAvnnühlaü A Financieel en Economisch Nieuws.

Parepare Diguncang Gempa M 3,1. (n.d.). Retrieved March 10, 2021, from https://news.detik.com/berita/d-4784979/parepare-diguncang-gempa-m-31

Pemerintah Kota Parepare, RPMJD. (2018). Rancangan akhir.

Saputra, H., & Arsyad, M., S. (2016). Studi Analisis Parameter Gempa dan Pola Sebarannya Berdasarkan Data Multi- Station (Studi Kasus Kejadian Gempa Pulau Sulawesi Tahun 2000-2014). Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 1(April), 83–87.

Pusat Geologi Unhas. & Lipi & Wikipedia


Article Metrics

Abstract view : 104 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.