PKM Pembuatan Nuget Ayam Dengan Subtitusi Sayuran Pada Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga

Haerani Haerani(1*), Rissa Megavitry(2), Besse Qurani(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah masyarakat di Desa Rompegading khususnya ibu-ibu rumah tangga. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pemahaman mengenai alternatif jajanan sehat dan aman untuk anak-anak, (2) kurangnya kemampuan dalam pembuatan nuget ayam subtitusi sayuran, dan (3) kurangnya pengetahuan mengenai alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan nuget ayam subtitusi sayuran. Sasaran eksternal adalah (1) ibu rumah tangga di Desa Rompegading mengetahui tentang jenis-jenis jajanan sehat yang mudah dibuat dan (2) ibu rumah tangga di Desa Rompegading memiliki referensi usaha jajanan rumah tangga yang mudah dibuat dengan modal usaha relatif murah. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan mengenai mengenai alternatif jajanan sehat dan aman untuk anak-anak, (2) mitra memiliki kemampuan dalam pembuatan nuget ayam subtitusi sayuran, dan (3) mitra memiliki pengetahuan mengenai alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan nuget ayam subtitusi sayuran.

 

Kata kunci: nuget, subtitusi, sayuran


Full Text:

PDF

References


Aswar. 1995. Pembuatan Fish Nugget dari Ikan Nila Merah (Oreochromis Sp.). Skripsi. Teknologi Hasil Perikanan Fakultas Perikanan, InstitutPertanian Bogor, Bogor.

Badan Standarisasi Nasional (BSN). 2014. Naget Ayam (Chiken Nugget). Badan Standar Nasional SNI 01-6683-2014

Elingosa, T. 1994. Pembuatan Fish Nugget Dari Ikan Tengiri. Skripsi. Jurusan Teknologi Pangan dan Gizi, Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.

Wibowo, S. 2001. Pembuatan Bakso Ikan dan Bakso Daging. Penebar Swadaya, Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.