PKM Merias Wajah secara Mandiri untuk Acara Pesta di Masa Pandemi Covid-19

Kurniati Kurniati(1*), St. Aisyah(2), Izmi Burhanuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kegiatan Pelatihan untuk ibu rumah tangga dan remaja putri telah dilaksanakan di Desa Rompegading, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Kelompok mitra membutuhkan adanya pelatihan merias wajah khususnya untuk ke acara pesta dengan adanya permasalahan diantaranya 1) para peserta belum memahami dengan baik dan benar cara aplikasi dari masing-masing alat dan bahan yang dipakai dalam merias wajah ke acara pesta (party); 2) para peserta dituntut agar bisa merias wajah secara mandiri untuk ke acara pesta untuk meminimalisir kontak langsung dengan perias wajah saat pandemi sekarang ini; 2) kelompok mitra sebagai peserta dalam kegiatan pelatihan pada umumnya sudah terbiasa menggunakan alat dan bahan merias standar namun belum mengetahui dan memahami teknik-teknik khusus dalam merias wajah untuk acara pesta; 3) peserta belum mengetahui perbedaan cara merias wajah untuk daily dan party sehingga ketika menggunakan masker ke acara pesta akan tampak biasa saja karena kurang adanya penekanan khusus pada bagian area mata. Tim pengabdi mengawali kegiatan pelatihan dengan mejelaskan fungsi dan cara aplikasi dari masing-masing alat dan bahan yang dipakai dalam merias wajah disertai dengan sesi diskusi dan tanya jawab dengan peserta kemudian dilanjutkan dengan tutorial merias wajah secara langsung menggunakan satu model percontohan sebagai acuan peserta. Setelah dilakukan pelatihan maka diperoleh hasil: 1) peserta mengetahui dan memahami masing-masing fungsi dan cara aplikasi dari masing-masing alat dan bahan yang dipakai dalam merias wajah ke acara pesta (party); 2) kelompok mitra telah memiliki keterampilan merias wajah sendiri untuk ke acara pesta (party) sehingga membantu mengurangi resiko penularan Covid-19 karena kontak langsung dengan perias; 3) masing-masing peserta telah mengetahui perbedaan riasan untuk daily dan party sehingga mampu mengaplikasikan riasan wajah untuk ke pesta dengan baik dan menyesuaikan dengan penekanan khusus pada bagian area mata ketika menggunakan masker di acara pesta.

 

Kata kunci: pelatihan, merias wajah, pesta, pandemi


Full Text:

PDF

References


Amelia, N. 2018. Pengaruh Teknik Penggunaan Bulu Mata terhadap Hasil Riasan Mata Bulat untuk Tata Rias Wajah Pesta. E-Journal Unesa, 7(3), 48-56.

Fairuz, D.N. 2016. Pengaruh Pemilihan Jenis Foundation terhadap Hasil Makeup Pesta.

Mas’udi, W dan P.S. Winanti. 2020. New Normal: Perubahan Sosial Ekonomi dan Politik Akibat Covid-19. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sylvia. 2015. Make-Up Party, Harus Glamor dan Berani. Kaltim Post Edisi 7 September 2015. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Tyas, A.A.W.P. 2021. Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Sektor Ekonomi Berimbas pada Tingginya Angka Perceraian di Wilayah Kabupaten Bogor. Jurnal Abdimas, 7(3), 187-192.


Article Metrics

Abstract view : 89 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.