Pemeliharaan Sistem AC Mobil pada Bengkel Arif Kab. Jeneponto

Zulhajji Zulhajji(1*), Haripuddin Haripuddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Bengkel Arif yang berada di Kelurahan Bontosunggu Kec. Binamu Kab. Jeneponto Prop. Sulawesi Selatan sejak berdirinya sampai sekarang bergerak dibidang las dan dico mobil dan sejenisnya. Baik pekerjaan las maupun dico dilakukan dalam satu tempat yang dikerjakan oleh beberapa tenaga kerja. Rata-rata tenaga kerja dipekerjakan di Bengkel Arif memiliki tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sehingga jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan hanya las dan dico. Dari dua jenis pekerjaan dilakukan selama ini Bengkel Arif yaitu hanya kerja las dan dico sehingga penghasilan Bengkel Arif masih relatif kurang (tidak maksimal). Padahal potensi mengerjakan beberapa jenis pekerjaan yang berhubungan dengan mobil masih banyak yang bisa dilaksanakan. Pekerjaan tersebut yaitu servis mobil, servis AC mobil serta pekerjaan pemeliharaan (maintenance) sistem AC mobil. Pemeliharaan (maintenance) adalah suatu tindakan perbaikan atau perawatan pada suatu obyek atau dalam hal ini AC Mobil. Pemeliharaan (maintenance) sistem AC mobil merupakan pekerjaan yang potensi untuk dikembangkan dalam usaha Bengkel Arif pada khususnya.

Pada lima tahun terakhir ini perkembangan penggunaan transportasi keluarga (mobil) semakin berkembang dengan pesat. Dari data badan pusat statistik (BPS) tahun 2018 tercatat 38000 unit kondaraan mobil yang ada di Kab.Jeneponto,tentu ini menjadi peluang bagi Bengkel Arif untuk menambah jenis pekerjaan yang berhubungan dengan pemeliharaan AC Mobil. Disamping banyaknya kendaraan mobil juga kondisi cuaca yang ada di wilayah Prov. Sulawesi Selatan dan terkhusus di wilayah Kab. Jeneponto. Kab. Jeneponto termasuk wilayah yang cuacanya sangat panas dibandingkan dengan Kabupaten lain yang ada di wilayah  Prov. Sulawesi Selatan. Tentu ini juga bagian yang terpenting untuk membuka jenis pekerjaan pemeliharaan AC Mobil, dimana setiap orang yang mengggunakan kendaraan/ transportasi mobil tentu menyalakan AC mobilnya agar merasa nyaman di dalam perjalanan menuju tempat tujuan. Sehingga semakin sering AC mobil dinyalakan tentu membuat AC mobil akan mengalami gangguan atau kerusakan, baik ringan maupun berat. Sehingga perlu sekali Bengkel Arif menambah membuka jenis pekerjaan pemeliharan sistem AC mobil agar nantinya dapat melayani pekerjaan baik servis atau pemeliharaan AC mobil dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan (omset) perbulannya.

Persoalan yang dihadapi mitra selama ini adalah mitra belum memiliki pengetahuan/keterampilan dasar mengenai bagaimana cara melaksanakan pemeliharaan sistem AC Mobil dengan baik dan benar, baik untuk sistem kelistrikannya maupun untuk sistem proses terjadinya sirkulasi (pergerakan) gas freon dari komponen ke komponen  utama pendingin (AC) mobil. Setelah selesai melaksanakan PKM, baik teori maupun keterampilan mitra sudah memahami prinsip dasar sistem ac mobil serta sudah bisa melaksanakan pemeliharaan AC Mobil dengan baik dan benar.

 

Kata Kunci : Pemeliharaan, sistem kelistrikan , komponen utama, ac mobil.


Full Text:

PDF

References


Daryanto, (1998). Dasar-Dasar Teknik Mobil. Penerbit : Bumi Aksara Jakarta

……….., (2007). Merawat dan Memperbaiki Kulkas serta AC Mobil. Penerbit : Pustaka Widyatama Yogyakarta.

Hardi Syam, (1984). Elektronika Rumah Tangga. Penerbit : Bumi Aksara Jakarta.

Handoko, (1981). Lemari Es. Penerbit : Ikhtiar Baru, Jakarta.

Koppe, (2000). Dasar Keterampilan Teknik. Penerbit : Katalis Mitra Plaosan Jakarta.

Kurniawan, (1988). Merawat dan Memperbaiki AC. Penerbit : Puspa Swara Jakarta.

M. E. Dicks, (1996). Teknik Pendingin. Penerbit : Bumi Aksara Jakarta

Sagian Levi, (2000). Manual Perawatan dan Perbaikan AC. Depdiknas, Jakarta

Sumanto, (1985). Dasar-Dasar Mesin Pendingin. CV. Andi Ofset Yogyakarta


Article Metrics

Abstract view : 214 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.