Perbandingan Hasil Belajar antara Mahasiswa yang Diajar dengan Menggunakan Media Symbolab dan Metode Konvensional di Jurusan Matematika FMIPA UNM

Fajar Arwadi(1*), Hasnawi Haris(2), Muh. Akbar(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Patria Artha
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan media symbolab dan metode konvensional. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Matematika. Teknik sampling untuk menentukan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen adalah dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kemampuan yang diukur adalah kemampuan awal kelas kontrol dan eksperimen serta kemampuan akhir pada kedua kelas tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test and post-test control group design. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan media symbolab dan metode konvensional.

 

 

Kata kunci: eksperimen, hasil belajar, symbolab

Full Text:

PDF

References


Archambault, L., & Crippen, K. (2009). Examining TPACK among K-12 online distance educators in the United States. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 71–88.

Burston, J. (2015). Twenty years of MALL project implementation: A meta-analysis of learning outcomes. ReCALL, 27(1), 4–20.

Kang, S., & Jang, M. (2016). On secondary mathematics teachers’ technology integration self-efficacy. The Mathematical Education, 55(4), 523–538.

Kirikçilar, R. G., & Yildiz, A. (2018). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Craft: Utilization of the TPACK When Designing the GeoGebra Activities. Acta Didactica Napocensia, 11(1), 101–116.

Mudzimiri, R. (2012). A study of the development of technological pedagogical content knowledge (TPACK) in pre-service secondary mathematics teachers.


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.