Edukasi Urban Farming Sistem Hidroponik

Ismail Ismail(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Urban farming merupakan program yang dicetuskan sebagai upaya untuk memanfaatkan ruang terbuka hijau kota dan ketahanan pangan. Untuk itu, gerakan urban farming perlu digalakkan sejak dini kepada generasi baru terdidik melalui sistem persekolahan, dengan sistem pertanian hidroponik. Program Kemitraan Masyarakat ini disleenggarkan denagn mitra SMP Negeri 3 Bontomarannu Gowa, dilaksanakan dnegan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan teknik budidaya sayuran sistem hidroponik bagi guru. Masalah yang dihadapi mitra : (1) kurangnya pengetahuan mitra tentang budidaya sayuran sistem hidropink, dan (2) kurangnya keterampilan melakukan budidaya sayuran system hidroponik. Untuk mencpai tujuan tersebut, digunakan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam budidaya sayuran system hidroponi, (2) mitra memiliki keterampilan untuk melakukan budidaya system hidroponik. 

 

Kata kunci: edukasi, urban farming, hidroponik

Full Text:

PDF

References


BPS. 2013. Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2031. Badan Pusat Statistik, Jakarta Indonesia.Jakarta.

FAO.2020. Urban Agriculture. https://www. sciencedirect.com/ topics/agricultural-and-biological-sciences/urban-agriculture

Fauzi, A.R. Ichniarsyah, A. N.,& Agustin, H. 2016. Pertanian Perkotaan: Urgensi, Peranan, dan Praktik terbaik. Jurnal Agroteknologi, Vol. 10 No. 01 (2016)

Puriandi F. Dan PN Indrajati. 2013. Proses Perencanaan Kegiatan Pertanian Kota Yang Dilakukan Oleh Komunitas Berkebun Di Kota Bandung Sebagai Masukan Pengembangan Pertanian Kota Di Kawasan Perkotaan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 1 No. 2. Hal 497-506.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.