Pelatihan Teknisi Telepon Selular Untuk Meningkatkan Kemampuan Diri Menjadi Tenaga Profesional di Masa Pandemi

Putri Ida Sunaryathy Samad(1*), Ganggang C. Arnanto(2), Anita C. Dewi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra Program Kemitr­aan Komunitas (PKM) ini adalah Kepala Desa Rompegading Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng. Masalahnya adalah: (1) kurangnya keterampilan dan pengetahuan dalam memperbaiki kerusakan telepon selular dan (2) banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat imabs dari pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah: demonstrasi, pelatihan, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam menganalisa kerusakan telepon selular, (2) mitra dapat memperbaiki kerusakan telepon selular (3) mitra memiliki keterampilan tambahan untuk tetap berproduksi di masa pandemi, (4) mitra mempunyai skill yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di masa pandemi.

 

Kata kunci: telepon selular, skill, pandemi, pendapatan


Full Text:

PDF

References


Agus, I. Afriza, H. Desy, F. 2016. Perancangan Sistem Informasi Servise Handphone pada Toko Bengkel Ponsel Banjarmasin. Jurnal Positif Vol 2, No.1

Fitrajaya. 2020. Panduan Service HP Berdasarkan Penyebab Kerusakan. Book Online. Docplayerinfo.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/10/06/pengguna-smartphone-di-indonesia-diperkirakan-mencapai-89-populasi-pada-2025. Akses 1 Maret 2021.

Zidni A. 2015. Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Handphone Dengan Merode Forward Chaining. Tugas Akhir Pendidikan Teknik Informarika dan Komputer Fakultas Teknik. Universitas Negeri Semarang.Bahfiarti, T. (2013). Konsep Warna Baju Bodo dalam Perkawinan Adat Bugis (Studi komunikasi non verbal). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3.


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.