Pembuatan Materi Pembelajaran dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SDN Pao-Pao Kab Gowa

Tangsi Tangsi(1*), Satriadi Satriadi(2), Muh. Muhaemin(3),

(1) Univeristas Negeri Makassar
(2) Univeristas Negeri Makassar
(3) Univeristas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Mitra program kemitraan komunitas (PKM) ini adalah Sekolah Dasar Negeri Pao-pao Kabupaten Gowa. Permasalahan mitra adalah (1) masih terbatasnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan aplikasi-aplikasi yang menunjang kegiatan pembelajaranny, khususnya aplikasi Canva. (2) masih kurang kegiatan pembimbingan pembuatan materi ajar berbasis aplikasi. Metode kegiatan dilaksanakan dengan metode ceramah, diskusi, praktek dan evaluasi kegiatan. Kegiatan diawali dengan pemaparan aplikasi canva yang dapat mendukung pembuatan materi ajar berbasis file, kemudian dilanjutkan dengan praktek serta pendampingan langsung cara menggunakan aplikasi canva. Pelaksanaan kegiatan dikuti oleh guru SDN Pao-pao Kab. Gowa sebanyak 17 orang. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah (1) kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dengan cara pendampingan langsung kepada tiap peserta. Inti kegiatan adalah membuat materi ajar dengan menggunakan aplikasi canva. Hasil angket menunjukkan bahwa 100% peserta menyatakan mendapat pengalaman baru dalam penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan materi pembelajaran. (2) pelatihan ini menunjukkan keberhasilan yang terlihat dari sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan berlangsung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 80 % peserta telah sangat memahami materi yang telah diberikan, 20% cukup memahami materi. 95% peserta telah mampu membuat materi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi canva. Dengan pembuatan materi pembelajaran dengan aplikasi canva ini, diharapkan dapat menungjang pembelajaran secara daring, terutama di era pandemi ini.

Kat kunci: materi pembelajaran; aplikasi canva; teknologi informatika; pembelajaran online


Full Text:

PDF

References


Adri, Muhammad. 2007. Strategi Pengembangan Multimedia Instructional Design. Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com, Jurnal Invotek. Vol. VIII. No. 1

Arsyad, Azhar. 2009. Resume Media Pembelajaran, Kumpulan Makalah. (Online). (http://hadirukiyah2.blogspot.com/2009/09/resume-media-pembelajaran-karya-prof-dr.html. diakses 20 April 2011)

Ellington dan Race. (1997). Producing teaching materials. London: Kogan Page.

Hidayat, Dadang. 2010. Peran Penelitian Research & Development Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan.

Idrus, Husni. 2008. Pengembangan multimedia pembelajaran Berbantuan komputer, volume 5 januari – juni 2008.

Ismaniati, Christina. 2010. Percepatan pemanfaatan sumber-sumber belajar dan media pembelajaran berbasis komputer (PBK) beserta pengelolaannya di sekolah dasar. Lembaga Pengabdian pada Masyarakat.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi visual. Yogyakarta: Andi Offset. Hal. 100.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi visual. Yogyakarta: Andi Offset

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Mustikasari, Ardiani. Mengenal Media Pembelajaran. (Online), (http://edu-articles.com/mengenal-media-pembelajaran/ diakses 30 Maret 2011)

Nurdin dan Adriantoni, (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: rajawali Pers

Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Ratumanan dan Rosmiati, (2018). Perencanaan Pembelajaran. Depok: Rajawali Pres

Riduwan. 2007. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru – Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta

Rustan, Surianto. 2009. Layout, Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT. Gramedia Pustkak Utama

Sadiman, Arief S., Rahardjo, R., Haryono, Anung., & Rahardjito. 2009. Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Supriatna, Dadang., & Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Bahan ajar untuk Diklat E-Training PPPPTK TK dan PLB. PPPPTK TK dan PLB,


Article Metrics

Abstract view : 291 times | PDF view : 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.