PKM Pelatihan Model-Model Pembelajaran Inovatif Kepada Guru MGMP Bahasa Indonesia SMP Kabupaten Pinrang
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak. Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah Guru MGMP Bahasa Indonesia Kabupaten Pinrang. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan tentang jenis-jenis model pembelajaran inovatif, (2) kurang keterampilan memilih model pembelajaran pada RPP, (3) desain model-model pembelajaran sangat kurang pada perangkat pembelajaran (RPP) dan (4) kualitas penerapan model-model pembelajaran inovatif sangat kurang. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah: (1) Mitra memiliki pengetahuan tentang jenis model-model pembealajaran inovatif, (2) Mitra memiliki keterampilan memilih dan mendesain model pembelajaran pada RPP, (3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun dengan bermacam-macam model pembelajaran inovatif, (4) Mitra memiliki kemampuan meningkatkan kualitas dengan bermacam-macam penerapan model-model pembelajaran sesuai desain yang telah disusun.
Kata kunci: model pembelajaran, desain, RPP, MGMP, bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Buzan, Toni. 2003. Howin Mind Mapp. Jakarta: Gramedia.
DEProter, B & Hermacki, M. 2003. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Abdul Rahman.Bandung: Gramedia.
Djumingin, Sulastriningsih. 2011. Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Ghazali, A.Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Malang: Aditama.
Huda, Akhmad. 2009. Penerapan Peta Konsep Meningkatkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran di Kelas . http: //www. Pkap. Wordpress. Com Diakess tanggal 2 Januari 20020.
Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lie, Anita. 2002. Cooperatif Learning: Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widia S Singapura: Universitas Sarana Indonesia.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and Learning dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rostiyah, N.K. 2003. Strategi Belajar-Mengajar, salah Satu unsur Pelaksanaan Strategi Belajar-mengajar/Teknik Penyajian. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja rafindo Persada.
Suparman, Atwi. 1997. Model-Model Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Adminitrasi Lembaga Adminitrasi Negera.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori Aplikasi PAKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: KENCANA.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusantara.
Trianto, 2009. Desain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana
Article Metrics
Abstract view : 636 times | PDF view : 100 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.