Pembuatan Manisan Kering dari Sayuran

Hasri Hasri(1*), Moh. Wijaya(2), Diana Eka Pratiwi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Kecamatan Tinggimoncong merupakan salah satu kecamatan dalam Kabupaten Gowa yang terkenal dengan industri hortikultura, industri perkebunan dan industri agrowisata, khususnya di daerah Malino, ibukota Kecamatan Tinggimoncong. Hampir 80 % dari penduduk Kecamatan Tinggimoncong berprofesi sebagai petani, utamanya petani sayuran dan perkebunan. . Hasil panen yang melimpah dan umur simpan yang pendek mengakibatkan harga sayuran menjadi murah di pasaran, bahkan banyak sayuran yang terbuang karena rusak. Untuk meningkatan nilai ekonomis sayuran  di Kecamatan Tinggimoncong maka perlu dilakukan upaya untuk mengolah sayuran menjadi produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi, yaitu manisan kering. Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada siswa SMAN 5 Tinggimoncong dalam pengolahan sayuran menjadi manisan kering. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat menambah pengetahuan yang bermanfaat bagi para siswa SMAN 5 Tinggimoncong, sehingga nantinya pengetahuan yang diperoleh dapat ditransfer ke seluruh anggota masyarakat Kecamatan Tinggimoncong. Dengan demikian diharapkan kegiatan PKM ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khusunya di Kecamatan Tinggimoncong. Adapun langkah – langkah yang dilaksanakan untuk mencapai tujuan dalam kegiatan ini adalah : (a) penyampaian materi mengenai cara mengolah sayuran menjadi manisan kering ; (b)  praktek pembuatan  manisan kering dari sayuran. Adapun hasil yang dicapai yaitu paling sedikit 75 %  dari siswa SMAN 5 Tinggimoncong Kab.Gowa yang memahami dan mampu membuat manisan kering dari sayuran.

 

Kata kunci : sayuran, manisan kering, kecamatan Tinggimoncong


Full Text:

PDF

References


Efendi, M.R., Nurhayati, Jaya, J.D. 2016. Optimasi Pembuatan Kurto (Kurma Tomat), Jurnal Teknologi Agro-Industri. Vol. 3 No.1. pp : 37-41.

Fatah, M.A., Bachtiar, Y.2004, Membuat Aneka Manisan Buah. Yogyakarta : Agomedia Pustaka.

Febriyanti, N., Wiharto, M., Lahming. 2018. Pengaruh Lama Pengeringan dan Berbagai Jenis Gula terhadap Kualitas Manisan Tomat (Lycopersium esculentum). Jurnal Pendidikan Teknologi Pertanian. Vol 4. pp : 86-94.

Ruslan, M.2017. Petanian Kabupaen Gowa.www.sulseltotravel.blogspot.com. Diakses tanggal 17 Februari 2020.


Article Metrics

Abstract view : 663 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.