Pusat Layanan Informasi Anak Berkebutuhan Khusus (PLI ABK)

Haerani Nur(1*), Eka Sufartianingsi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini bermitra dengan Forum Komunikasi Anak Spesial Indonesia (FORKASI) Chapter Makassar, yang merupakan salah satu komunitas orangtua ABK yang ada di Makassar. Dalam menjalankan fungsinya memberi dukungan sosial dan informasi kepada orangtua ABK, FORKASI Makassar masih belum optimal dalam memberikan layanan informasi kepada orangtua, terlebih lagi di masa pandemi covid 19 saat ini. Metode yang digunakan adalah: (1) pemberian layanan informasi secara interaktif secara live di Instagram dan Facebook, (2) pemberian layanan informasi secara individual melalui konsultasi dengan relawan profesional. Adapun langkah-langkah yang dilakukan yaitu: (1) pengumpulan data terkait penangaman ABK, (2) perekrutan relawan PLI, (3)  sosialisasi PLI-ABK, (4) pemberian layanan informasi dalam bentuk: klasikal (parenting online, diskusi dan tanya jawab di secara live di Instagram dan Fecebook) dan individual (konseling pribadi). Hasil yang dicapai melalui program kemitraan komunitas ini adalah mitra dapat memberikan pelayanan informasi kepada orangtua ABK dalam bentuk yang lebih luas sesuai dengan kebutuhan, termasuk dalam bentuk konsultasi pribadi dengan relawan profesional PLI. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan mitra dalam menjalankan fungsinya.

 

Kata kunci: pusat layanan informasi, konseling, orangtua, anak berkebutuhan khusus


Full Text:

PDF

References


Bigner, J.J. (1994). Parent-Child Relation: An Introduction to Parenting. Prentice Hall: New Jersey.

Fernăndez-Alcăntara, M., Garcıa-Caro., M.P., Laynez-Rubio, C., M Perez-Marfil, M.N., Martı-Garcıa, C., Benıtez-Feliponi, A., Berrocal-Castellano, M., & Cruz-Quintana, F. (2014).Feelings of loss in parents of children with Infantile Cerebral Palsy. Disability and Health Journal. 6, 1-9.

Huang, Y. P., Kellett, U. M., & John, W. S. (2010).Cerebral Palsy: Experiences of Mothers After Learning Their Child’s Diagnosis. Journal of Advanced Nursing. 66(6), 1213–1221.

Marvin, R. S., & Pianta, R. C. (1996) Mothers' Reactions to Their Child's Diagnosis: Relations withSecurity of Attachment. Journal of Clinical Child Psychology. 25(4), 436-445.

Nur, H. (2018). Dinamika Harapan Ibu terhadap Masa Depan Anak yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Bicara dan Bahasa. Disertasi. Universitas Airlangga

Pabón, A.L & Offices, C.L. (2005). Financial Planning for Special Need Children: A Review of Available Information for Parent. Journal of Personal Finance; 4 (2). 40-49

Riley, C., & Rubarth, L.B. (2015).Supporting Families of Children With Disabilities. JOGNN, 44, 536-542.


Article Metrics

Abstract view : 333 times | PDF view : 53 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.