PKM GURU SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO DALAM PENGELOLAAN DAN PENGORGANISASIAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Nurlaela Latief(1*), Muhammad Agung(2), Bakhrani A. Rauf(3), Fiskia Rera Naharuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak. Strategi penorganisasian pembelajaran model elaborasi termasuk kedalam kategori yang pertama yaitu strategi pengorganisasian. Strategi pengorganisasian pembelajaran lebih menekankan kepada pemilihan dan penyusunan isi materi pembelajaran, yang akan disampaikan di kelas dari tingkat umum ke tingkat rinci secara bertahap sehingga peserta didik dapat memahami materi pembelajaran di SMK. Srategi pengorganisasian  pembelajaran model elaborasi guru harus melakukan perencanaan pembelajaran yang meliputi kegiatan pemilihan dan penyusunan materi ajar dari tingkat umum ke rinci. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang ; (1) masalah-masalah pengelolaan kelas baik individu maupun kelompok dan; (2) upaya mengatasi masalah pengelolaan kelas yang terjadi dalam proses pembelajaran di Sekolah SMK Negeri 5 Pangkep. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan satu variable yaitu pengelolaan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru SMK negeri maupun swasta.

 

Kata kunci: Pengelolaan kelas, metode elaborasi dan strategi pengorganisasian

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Basri, Muhammad. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandar Lampung. Unila.

Jihad, Asep. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Mudjiono dan Damayanti. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Martinis Yamin dan Maisah. (2009). Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Rulam. (2010). Kegiatan Mengajar Dan Mengelola Kelas. Diambil dari www.infodiknas.com. Pada tanggal 11 Januasi 2019.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sarjana. (2008). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia dengan Pengintegrasian Ranah Keimanan dan Ketaqwaan Di SMP Negeri 3 Playen Kabupaten Gunungkidul. Tesis. Pasca UNY.

Syaiful Bahri Djamarah. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk membantu Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Tri Mulyani. (2001). Pengelolaan Kelas (Classroom Management). Yogyakarta: FIP.

Uno, B. Hamzah. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif & Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, B. Hamzah. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 165 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.