Pengembangan Usaha Pupuk Bokasi dari Limbah Ampas Teh dan Kotoran Sapi

Ridwan Ridwan(1*), Andi Zulfikar Syaiful(2), M. Tang(3), Sudarman Sudarman(4),

(1) Universitas Bosowa Makassar
(2) Universitas Bosowa Makassar
(3) Universitas Bosowa Makassar
(4) Universitas Bosowa Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Keberadaan Pabrik Teh Gelas di Desa Minasa Baji yang menghasilkan limbah ampas teh setiap hari dengan volume yang cukup besar dan limbah kotoran sapi yang bersumber dari lokasi peternakan sapi merupakan limbah padat yang sangat berpotensi untuk diolah menjadi pupuk bokasi. Kegiatan ini sangat membantu masyarakat petani untuk kebutuhan pupuk pada tanaman palawija agar hasil pertanian yang dihasilkan bebas dari kandungan kimia yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit. Sekarng ini sudah ada  lembaga masyarakat kelompok tani yang mengelola limbah tersebut menjadi pupuk bokasi tetapi belum berkembang pesat dan belum menghasilkan pendapatan yang dapat mensejahterakan terhadap kelompok tani yang mengolah limbah tersebut. Hal ini disebabkan karena produksi pupuk bokasi yang dihasilkan masih terbatas dan keterampilan sumber daya yang dimiliki belum memadai dan modal usaha yang sangat minim serta sistem manajemen pengelolaan bidang usaha tersebut yang belum profesional. Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dann keterampilan kelompok tani dalam mengolah limbah ampas teh dan limbah kotoran sapi dalam pembuatan pupuk bokasi yang berkualitas dan dapat berdaya saing dipasaran agar dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok tani, selain itu diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan bagi mitra tentang tata cara manajemen pengelolaan suatu bidang usaha, baik dari aspek pemasaran, pengelolaan keuangan dan sistem pembukuan sehingga dapat mengoptimalkan fungsi kelembagaan kelompok tani yang ada, serta membantu pemerintah setempat untuk mengurangi jumlah angka pengangguran dan dapat mendatangkan pendapatan daerah.

Hasil yang dicapai pada program pendampingan ini yaitu terjadi peningkatan produksi dan peningkatan penghasilan kelompok mitra serta kwalitas produksi yang dihasilkan dapat bersaing dipasara, sehingga potensi usaha ini bisa berkelanjutan.


Full Text:

PDF

References


Alam tani. 2015. Cara Membuat Pupuk Bokashi. http://alamtani.com/cara-membuat-pupuk-bokashi.html (diakses tanggal 23 Desember 2016).

Berkebun.net. 2016. Pengertian EM4. http://www.berkebun.net/2016/03/ pengertian-effective-microorganisme-4.html (diakses tanggal 22 Desember 2016).

Damanhuri, E., dan Padmi, T. 2007. Pengomposan (Composting) (Bagian 1). Diktat Kuliah TL-3150/ITB, Bandung.

Deptan, 2015. Teknik Pembuatan Kompos. http://www.deptan.go.id. (diakses tanggal 22 Desember 2016).

Eska Sasnanda. 2008. Metode Pengomposan AnAerob. http://mainkansampahmu. blogspot.co.id/2008/03/metode-pengkomposan -aerob.html

(diakses tanggal 3 Januari 2017).

Entrepreneur. 2014. Metode Aerob dan Anaerob. http://dinastymentimun10e. blogspot.co.id/2014/04/metode-aerob-dan-anaerob.html (diakses tanggal 23 Desember 2016).

Joko, W. 2015. Faktor-faktor yang mempengaruhi dekomposisi bahan organik. http://jokowarino.id/faktor-faktor-yang-mempengaruhi-dekomposisi-bahan-organik/ (diakses tanggal 19 Maret 2017).

Iqra Nur, 2017. Proses Pembuatan Pupuk Bokasi dari Limbah Kotoran Ayam dan Sekam Padi dengan Sistem Anaerob (Skripsi Prodi Teknik Kimia Universitas Bosowa Makassar)

Maria Erviana, K. 2012. Pengaruh Beberapa Jenis Pupuk Kandang Terhadap Kualitas Bokashi. Palangka Raya.

Murbandono, L.H.S. 2000. Membuat Kompos. Penebar Swadaya, Jakarta.

Rosmarkam, A., N. W. Yuwono. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Kanisius, Yogyakarta.

Sutanto, R. 2002. Penerapan Pertanian Organik. Kanisius, Yogyakarta.

Wahyu Hendro Wibowo. 2016. Manfaat EM4. http://dasar-pertanian.blogspot.co.id/2016/09/inilah-manfaat-em-4-terhadap-kesuburan.html (diakses tanggal 22 Desember 2016).

Widodo. 2008. Pembuatan Pupuk Kandang. Fakultas Pertanian IPB. Bogor

Yossi Heflinda. 2015. Pembuatan Pupuk, Manfaat dan Penggunaan Bokashi. http://pembuatanpupukbokashi.blogspot.co.id/2015/06/pembuatan-pupuk-bokashi-serta-manfaat.html (diakses tanggal 23 Desember 2016).


Article Metrics

Abstract view : 693 times | PDF view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.