Pemberdayaan Remaja Melalui Kegiatan Olahraga Di Desa Pertambatan Kecamatan Dolok Masihul Kabupaten Serdang Bedagai

Puji Ratno(1*), Ardi Nusri(2), Dewi Endriani(3),

(1) Universitas Negeri Medan
(2) Universitas Negeri Medan
(3) Universitas Negeri Medan
(*) Corresponding Author



Abstract


Mitra Program Kemitraan Masyarakat  (PKM) ini adalah komunitas olahraga remaja Desa Pertambatan  Permasalahan yang kami temukan pada mitra adalah: (1) kurangnya pengetahuan mitra tentang penyusunan program latihan bola voli dan sepak bola, (2) kurang keterampilan mitra dalam menerapkan program latihan pada saat berlatih, (3) Kurangnya memadainya peralatan latihan yang digunakan pada saat berlatih. Sasaran eksternal adalah semakin banyak remaja yang terlibat aktif dalam kegiatan olahraga yang da  di desa Pertambatan.. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab,  pendamping pada mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan tentang menyusun program latihan bola voli dan sepak bola, (2) mitra memiliki keterampilan dalam menerapkan program latihan bola voli dan sepak bola, (3) Peralatan yang dipakai dalam latihan bola voli dan sepak bola bertambah. (4) Remaja yang ikut berlatih sepak bola dan bola voli semakin bertambah banyak.

Full Text:

PDF

References


DP2M Dikti (2013). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Edisi IX.

Lutan, Rusli. 2013. Pedoman Perencanaan Pembinaan Olahraga. Asisten Deputi Penerapan IPTEK Keolahragaan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Nossek, J. 1982. General Theory of Training. Terjemahan M. Furqon H. Lagos: Pan African Press LTD.

Nurhasan. 2001. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta:Direktorat Jenderal Olahraga.

Putra, G. (2012). Kembali Ke Sepak Bola. Kompilasi Pemikiran Tentang Football Conditioning Oleh Raymond Verheijen. Jakarta: Ganesha.

Soekirman (2013).Serdang Bedagai Kampung Kami kehidupan & Keberadaan masyarakat Desa Di Sergei. Yogyakarta. Bangun Bangsa


Article Metrics

Abstract view : 411 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.