Pelatihan Pembuatan Perpustakaan Online Berbasis Endnote Program dan Penerapannya pada Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNM

Sultan Baa(1*), Samtidar Samtidar(2), Mardiyanah Nasta(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Progam Studi Pendidikan Bahasa Inggris Kelas Parepare adalah satu dari tiga program studi yang ada di Jurusan Bahasa Inggris UNM. Sebagai salah seorang dosen pengampu mata kuliah Writing bagi mahasiswa Bahasa Inggris Universitas Negeri Makassar selama beberapa tahun terakhir, saya melihat bahwa salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa agar dapat menulis artikel ilmiah dengan baik adalah kemampuan menulis bibliografi yang benar dan akurat.  Beberapa tehnik penulisan bibliografi  sebenarnya telah diajarkan kepada mereka  secara manual di perkuliahan mata kuliah Writing. Akan tetapi karena menggunakan panduan secara manual, kebanyakan dari mereka mengalami kesulitan dan tidak bisa konsisten dalam penulisannya sehingga memerlukan pelatihan dengan menggunakan software untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis bibliografi secara benar dan akurat. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih mahasiswa untuk membuat perpustakaan online dan menerapkan dalam menulis referensi dan bibliografi dalam tulisan ilmiah menggunakan software EndNote yang sudah telah diakui secara internasional dan telah digunakan di negara-negara maju. Metode yang digunakan adalah diskusi dan simulasi. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 4 minggu pada bulan September dan Oktoiber 2020.  Setelah dan selama kegiatan berlangsung telah diadakan penilaian. Penilaian keberhasilan mereka tersebut diukur melalui observation sheet dan angket. Hasil observasi menunjukkan setelah peserta mengikuti kegiatan pelatihan, hampir semua peserta menunjukkan kemampuan menggunakan EndNote Program. Kegiatan serupa masih perlu diadakan bagi mahasiswa yang lain mengingat motivasi dan minat peserta terhadap pelatihan in sangat besar.

Full Text:

PDF

References


Agrawal, A. (2007). EndNote 1-2-3 Easy!: Reference Management for the Professional: Springer Science & Business Media. Cameron, J. (2013). Basic EndNote: Using Version X6. Melbourne: Victoria University. Fitzgibbons, M., & Meert, D. (2010). Are bibliographic management software search interfaces reliable?: A comparison between search results obtained using database interfaces and the EndNote online search function. The Journal of Academic Librarianship, 36(2), 144-150. Harrison, M., Summerton, S., & Peters, K. (2005). EndNote training for academic staff and students: the experience of the Manchester Metropolitan University Library. New review of academic librarianship, 11(1), 31-40. Pribadi, B. A. (2010). Pemanfaatan metode, media, dan strategi untuk pembelajaran sukses. Teknodik, 14(2), 107-117. Situmorang, H., & Situmorang, M. (2013). Efektifitas Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pada Pengajaran Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 19(1), 2836.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.